Usmar Ismail akan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional berkat jasa dan sumbangsih besarnya pada perfilman Tanah Air (Dok. Museum Penerangan)

4 Tokoh Ini Akan Diberi Gelar Pahlawan Nasional, Siapa Saja Ya?

01 November 2021   |   11:02 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Presiden Joko Widodo akan menganugerahi empat orang tokoh sebagai pahlawan nasional. Hal itu diumumkan oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Ketua Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan, Mahfud MD, baru-baru ini. Salah satu di antaranya adalah Usmar Ismail, sineas yang dikenal sebagai Bapak Film Nasional.

“Keempatnya adalah Almarhum Tombolotutu dari Sulawesi Tengah, Almarhum Sultan Aji Muhammad Idris dari Kalimantan Timur, Haji Usmar Ismail dari Jakarta, dan Almarhum Raden Aria Wangsakara dari Banten,” tuturnya dalam konferensi pers melalui kanal YouTube Menkopolhukam.

Gelar Pahlawan Nasional 2021 ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 109 TK Tahun 2021 dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November mendatang. Keempat tokoh tersebut dinilai telah menginspirasi untuk membangun Indonesia merdeka dan berdaulat.

“Mereka ikut berjuang untuk memajukan Indonesia sehingga kemerdekaan itu lebih bermakna bagi bangsa dan negara,” imbuh Mahfud.

(Baca juga: Membangun Semangat Pelestarian Budaya Suku Kamoro)

Mahfud juga mengatakan bahwa ada ratusan nama yang layak yang diusulkan kepada pemerintah untuk diberi gelar Pahlawan Nasional. Meskipun begitu, ada banyak kriteria yang harus dipenuhi tokoh tersebut terutama perannya untuk pemerataan daerah.

“Kriterianya banyak, tetapi kali ini pemerintah mengutamakan selain ketokohan adalah pemerataan kedaerahan,” katanya.

Selain pemerataan daerah, kriteria yang digunakan pemerintah adalah tokoh tersebut pernah berjuang atau memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Nantinya, gelar tersebut akan diberikan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo kepada perwakilan keluarga empat tokoh tersebut di Istana Bogor bertepatan dengan Hari Pahlawan, 10 November 2021.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Jadwal Rilis Lagu & Comeback Artis K-pop November 2021

BERIKUTNYA

Bisnis Menggiurkan Jersey & Apparel Tim Sepak Bola

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: