Ilustrasi busi sepeda motor (dok: Suzuki Indonesia)

Busi Mati dalam Kondisi Darurat? Simak 8 Cara Memperbaikinya

01 November 2021   |   08:38 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

5. Menggosok bagian atasnya menggunakan amplas 

Bisa saja busi Anda sudah berumur terlalu tua, sehingga banyak kotoran yang masuk ke dalamnya. Kotoran atau debu ini biasanya berasal dari proses pembakaran dan harus dibersihkan. Amplas yang kalian bawa bisa digunakan untuk menggosok bagian atasnya secara satu arah agar kotorannya bisa hilang. 

Lakukan hal tersebut berulang kali sampai busi bersih. Setelah itu, kalian bisa langsung memasang businya kembali di tempatnya. Dalam beberapa kasus, menggunakan cara ini terbukti ampuh agar busi bisa digunakan kembali ketika mendadak mati di tengah jalan. 
 

6. Melakukan peregangan pada bagian copnya 

Tujuannya agar api yang dihasilkan oleh busi bisa berpindah ke bagian cop. Setelah api berhasil dinyalakan, kalian bisa memasang kembali cop dan motor sudah dapat digunakan kembali.


7. Mengatur celah dari katup busi

Cara ini bertujuan untuk melihat percikan terbaik yang bisa dihasilkan dan jika berwarna merah, berarti busi sudah mati total. Anda bisa mengatur katup busi agar bisa kembali menghasilkan percikan api yang bagus.
 

8. Membakar ujungnya 

Langkah pertama dalam metode ini adalah menyiapkan pemantik, lalu coba bakar ujung busi hingga berwarna merah. Setelah itu, diamkan selama beberapa saat hingga suhunya normal.

Jika Anda rasa suhu busi tersebut sudah kembali normal, maka langkah berikutnya adalah dengan langsung memasang busi pada tempatnya. Hal ini juga harus Anda lakukan dengan hati-hati agar busi terpasang dengan tepat dan bisa berfungsi dengan baik.



Selain beberapa sebab yang sudah disebut, busi cepat mati juga bisa terjadi karena bocor pada kompresi. Kompresi yang mengalami kebocoran akan menghilangkan tekanan di dalam ruang silinder pada ruang pembakaran dan menyebabkan busi mati. 

Cara yang satu ini juga bisa kalian terapkan apabila tips-tips sebelumnya tidak bekerja. Kemungkinan umur busi yang terlalu tua bisa menjadi penyebab mengapa ia mendadak mati dan karena itu kalian perlu menggantinya. 

Harga busi sendiri beragam dan kalian bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan motor. Namun, jika sudah diganti dengan yang baru tetapi mendadak mati lagi kemungkinan motor Anda mengalami kerusakan. 

Apalagi jika motor kalian juga sudah terlalu tua, sebaiknya kalian mengantisipasi kondisi ini dengan menyediakan busi cadangan apabila mendadak mati di tengah jalan. 


Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

3 Selebriti Terkenal yang Mengalami Cancel Culture

BERIKUTNYA

Ini Fungsi Fuel Pump pada Mobil dan Tandanya Jika Mulai Bermasalah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: