Ilustrasi busi sepeda motor (dok: Suzuki Indonesia)

Busi Mati dalam Kondisi Darurat? Simak 8 Cara Memperbaikinya

01 November 2021   |   08:38 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Ada banyak kejadian tidak diinginkan yang sering terjadi di tengah jalan ketika sedang mengendarai sepeda motor. Salah satunya adalah busi yang bermasalah atau mati. Efeknya, tentu saja, mesin sepeda motor kita pastinya akan mendadak ikut mati.

Jika hal itu terjadi, kalian sebenarnya tak perlu panik. Karena kalian bisa menerapkan beberapa cara memperbaiki busi yang mati di bawah ini.

Mengutip Suzuki Indonesia, berikut adalah beberapa cara memperbaiki busi motor yang mati.


1. Memperbaiki posisi busi 

Walaupun posisi busi hanya bergeser sedikit saja, itu sudah menjadi alasan mengapa komponen ini mendadak mati. Hal ini bisa terjadi karena ada benda yang menggeser busi dari colokannya.

Setelah kalian memastikan bahwa posisi busi sudah pada tempatnya, coba nyalakan kembali motornya. Cara yang satu ini terbilang cukup mudah asal kalian tahu di mana letak busi tersebut. 
 

2. Membakar bagian elektroda 

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan membersihkan busi terlebih dahulu, lalu bagian elektrodanya dibakar menggunakan api kecil.

Kalian bisa membakar elektroda dengan menggunakan las atau kompor gas. Setelah itu, tunggu hingga beberapa menit sampai busi dingin. Ingat, jangan langsung memasukkan busi jika masih terlalu panas karena hal itu akan membahayakan motor. 
 

3. Memecahkan bagian kaca pemantiknya 

Langkah pertamanya cukup dengan memecahkan terlebih dahulu bagian kaca keramiknya menggunakan obeng, tang, atau batu. Keramik yang dipecahkan ini berada di dalam busi itu sendiri dan ini digunakan untuk membungkus elektroda inti.

Genhype disarankan menggunakan cara ini karena biasanya busi yang mati itu disebabkan oleh elektrodanya yang sudah dipenuhi banyak karbon. Hal ini juga disebabkan karena busi sudah terlalu lama digunakan dan tidak berhasil melakukan proses pembakaran yang sempurna.

Setelah dipecahkan, maka akan muncul aliran listrik yang akan masuk ke busi tanpa dihalangi oleh keramik insulator serta kerak karbon. Setelah itu, masukkan busi ke mesin.

Sebelum memasukkan ke mesin, Anda juga harus memastikan bahwa bagian busi sudah benar-benar bersih dan tidak ada serpihan kacanya karena hal ini bisa menimbulkan masalah baru.
 

4. Membersihkan seluruh bagian dengan kain kering dan bersih 

Langkah pertama untuk membersihkannya adalah, kalian harus melepas terlebih dahulu kabel busi yang tertancap ke motor dengan kunci busi. Sebelumnya jangan lupa untuk mengingat urutan kabel-kabel tersebut agar tidak terjadi masalah baru apabila kalian salah memasangnya.

Setelah itu, kalian bisa melepaskan businya dengan bantuan kunci busi dan mulai membersihkan seluruh bagian komponen tersebut. 

Tempat busi berada merupakan bagian yang paling sering terkena kotoran atau debu. Oleh sebab itu, kalian harus membersihkannya juga. Setelah itu pasang kembali busi tersebut.
 
1
2


SEBELUMNYA

3 Selebriti Terkenal yang Mengalami Cancel Culture

BERIKUTNYA

Ini Fungsi Fuel Pump pada Mobil dan Tandanya Jika Mulai Bermasalah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: