Kevin Spacey, Johnny Depp, Ellen DeGeneres (Dok. Wikimedia)

3 Selebriti Terkenal yang Mengalami Cancel Culture

01 November 2021   |   01:41 WIB

Genhype pernah dengar istilah cancel culture? Belakangan, istilah ini ramai dibicarakan banyak orang. Cancel culture adalah penolakan massal terhadap pihak-pihak yang dinilai tidak layak tampil di publik, seperti selebriti yang terkena kasus atau skandal.

Cancel culture telah membuat redup karier sejumlah selebritis. Kim Seonho merupakan salah satunya, walaupun belakangan ada informasi lain yang menyebut bahwa tuduhan kepadanya tidak sepenuhnya benar.

Selain Kim Seonho, tentu ada deretan panjang selebriti yang telah di-cancel. Mereka kehilangan respek dari pekerja industri showbiz, ditendang dari proyek yang telah direncankan, bahkan ditinggalkan penggemar.

Di antara banyak selebriti tersebut, berikut adalah yang cukup ramai. Siapa saja?
 

1. Kevin Spacey

Kevin Spacey telah memenangkan Oscar dua kali. Pada 1996 ia memenangkan Oscar sebagai pemeran pendukung terbaik; pada 2000 ia memenangkan Oscar sebagai pemeran utama terbaik.

Meski telah dua kali menang Oscar, dan masih pada usia terbilang produktif, karier Spacey meredup pada 2017. Sejumlah pria menyebut bahwa Spacey telah melecehkan mereka. 

Akibat skandal tersebut Spacey didepak dari serial House of Cards. Selain itu penampilannya juga diedit, dan digantikan oleh Christopher Plummer dalam film All the Money in the World karya Ridley Scott.

(Baca juga: Bikin Selebriti Meredup, Apa Itu Cancel Culture?)
 

2. Johnny Depp

Seperti Kevin Spacey, Johnny Depp juga merupakan aktor yang bertalenta. Meski belum pernah menang Oscar, Depp telah tiga kali mendapat nominasi, yakni pada 2004, 2005, dan 2008. 

Karier Johnny Depp aman-aman saja hingga badai rumah tangganya mulai menerpa. Amber Heard, mantan istrinya, tak hanya menggugat cerai, tapi juga menyebutnya melakukan kekerasan.

Johnny Depp menyangkal tuduhan tersebut. Meski demikian, citranya di media dan publik telanjur tercoreng. Ia juga kalah ketika menuntut The Sun yang telah menyebutnya wife-beater.

Alhasil, Johnny Depp kian jarang tampil di film. Perannya sebagai Grindelwald di Fantastic Beasts pun ditarik. Dalam postingannya di Instagram, Johnny Depp menyebut bahwa dirinya diminta mengundurkan diri oleh Warner Bros.

“Saya akan buktikan tuduhan terhadap diri saya tidak benar. Hidup saya tidak akan ditentutkan oleh momen ini,” tulisnya.
 

3. Ellen DeGeneres

Ellen DeGeneres merupakan komedian yang terkenal lewat sitkom Ellen (1994-1998). Kariernya kemudian melejit setelah memiliki acara talkshow sendiri, The Ellen DeGeneres Show. Ia mengisi suara Dory di Finding Nemo dan Finding Dory, dan dua kali menjadi host di Academy Awards.

Namun, beberapa tahun belakangan Ellen mulai diterpa isu tidak menyenangkan. Pada Juli 2020, Buzzfeed News mengangkat cerita sejumlah bekas pegawai yang menyebut bahwa situasi kerja di The Ellen DeGeneres Show toksik.

Disebutkan bahwa ada pegawai yang dipecat setelah cuti sakit. Selain itu, terdapat juga komentar rasis dan tindak agresif yang terjadi di balik layar The Ellen DeGeneres Show. Para produser eksekutif pun disebut melakukan tindak pelecehan seksual.

Ellen sendiri telah meminta maaf dan menyayangkan hal itu terjadi di acaranya. Meski begitu, image Ellen tidak lantas pulih. Oktober 2020, Metro.co menyebut bahwa Ellen mengalami penurunan followers media sosial yang drastis pada 2020 dibandingkan selebritis lain.

Rating talkshow-nya juga terus menurun, hingga akhirnya dipastikan akan selesai tayang pada 2022 nanti. 
 

SEBELUMNYA

Eloknya Panorama Zhongshan

BERIKUTNYA

Busi Mati dalam Kondisi Darurat? Simak 8 Cara Memperbaikinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: