San Marino merupakan negara berpenduduk sekitar 33.000 jiwa (Dok. jonathan emili/Pexels)

5 Negara Terkecil di Dunia, Ada Di Mana Saja Ya?

30 October 2021   |   20:55 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

3. Nauru (21 km persegi)

Negara ini sebelumnya dikenal sebagai Pulau Pleasant yang terletak di sebelah timur benua Australia. Negara terkecil ketiga di dunia ini memiliki luas 21 kilometer dengan jumlah penduduk sekitar 13.000 jiwa. Ratusan tahun lalu, Nauru dipercaya memiliki kekayaan berlimpah karena dikelilingi oleh fosfat yang digunakan untuk pembuatan bahan peledak, odol, dan deterjen.

Bahkan, di tahun 1970 sampai 1980-an, Nauru merupakan negara terkaya dengan pendapatan per kapita paling tinggi di dunia. Sayangnya, sejak tahun 2001, sumber daya alam di negara ini sudah mulai berkurang dan mengalami kerusakan lingkungan cukup parah akibat pertambangan.
 

Tuvalu

Tuvalu

 

4. Tuvalu (25,9 km persegi)

Sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellis, Tuvalu adalah negara kecil dengan luas wilayah kurang dari 26 kilometer persegi dan penduduknya berjumlah sekitar 11.000 jiwa. Tuvalu dikenal sebagai pulau cantik dan memiliki potensi pariwisata yang sungguh besar. 

Tinggi daratan negara ini sangatlah rendah hanya mencapai 4,5 meter di atas permukaan laut. Hal ini menyebabkan keselamatan penduduk Tuvali menjadi terancam dengan terus meningkatnya permukaan air laut. Jika hal itu terjadi, penduduk Tuvalu bisa saja mengungsi ke kawasan New Zealand, Niue, atau Fiji.
 

5. San Marino (61,2 km persegi)

Dengan luas wilayah mencapai 61,2 kilometer persegi, San Marino merupakan negara berpenduduk sekitar 33.000 jiwa. Salah satu negara terkecil di dunia ini berbatasan langsung dengan Italia dan terletak di kawasan Eropa Selatan.

Sumber pendapatan utama negara ini berasal dari sektor keuangan, industri, jasa dan pariwisata. Salah satu destinasi wisata yang unik adalah kastil yang berada di puncak tebing yang terlihat seperti yang ada di dalam film-film dongeng.


Editor: M R Purboyo
1
2


SEBELUMNYA

Pamungkas Bakal Gelar Konser Offline di 12 Kota, Tiket Ludes dalam 30 Menit!

BERIKUTNYA

Indonesia Mau Pakai VAR? Sebaiknya Basmi Mafia Wasit Dahulu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: