San Marino merupakan negara berpenduduk sekitar 33.000 jiwa (Dok. jonathan emili/Pexels)

5 Negara Terkecil di Dunia, Ada Di Mana Saja Ya?

30 October 2021   |   20:55 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sebuah negara biasanya memiliki daerah kekuasaan yang luas, terhitung mulai luas daratan hingga perairannya. Namun, ternyata ada beberapa negara di dunia ini yang memiliki luas wilayah kecil, bahkan luasnya hanya sebatas luas satu kota atau wilayah.
 
Meskipun begitu, beberapa negara kecil tersebut memiliki pemerintahan yang lengkap, budaya dan tradisi, serta sumber daya alam yang berlimpah.
 
Supaya Genhype enggak penasaran, simak yuk 5 negara terkecil di dunia berikut ini.
 

1. Vatikan (0,44 km persegi)

Posisi pertama negara terkecil di dunia dinobatkan kepada Vatikan. Luas negara ini hanya 0,44 kilometer persegi dengan luas tanah 110 hektar yang dihuni hanya sekitar 1.000 orang. Vatikan dikelilingi dinding yang membentuk batas-batas wilayahnya.

Hal ini dibuat untuk melindungi Paus yang merupakan pemimpin tertinggi umat Katolik. Berbeda dengan negara-negara lain, Vatikan menerapkan sistem pemerintahan Teokrasi, di mana prinsip-prinsip keagamaan menjadi landasan pemerintahan negara tersebut.
 

2. Monako (2 km persegi)

Monako menempati posisi kedua sebagai negara terkecil di dunia setelah Vatikan dengan luas sekitar 2 kilometer persegi. Meskipun begitu, jumlah penduduk negara ini terbilang tinggi sebanyak 30.645 jiwa.

Tata kota di Monako terkenal rapi dengan teluk-teluk yang bersih dan masyarakat yang tertib. Berbatasan langsung dengan laut dan terdiri dari serangkaian bukit, tak heran jika Monako memiliki keindahan alam yang cukup menakjubkan. Hal itu membuat pendapatan utama negara ini berasal dari sektor wisata.
 

d

Vatikan adalah negara terkecil di dunia (Dok. Aliona Pasha/Pexels)

1
2


SEBELUMNYA

Pamungkas Bakal Gelar Konser Offline di 12 Kota, Tiket Ludes dalam 30 Menit!

BERIKUTNYA

Indonesia Mau Pakai VAR? Sebaiknya Basmi Mafia Wasit Dahulu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: