Ilustrasi saudara kandung. (Dok. NONRESIDENT dari Unsplash)

Parents, Ini 6 Tips Mengatasi Rasa Cemburu Adik & Kakak

30 October 2021   |   09:55 WIB

Pertengkaran antara saudara atau adik & kakak merupakan sering terjadi. Hal tersebut tidak menjadi masalah jika terjadi secara wajar dengan penyebab yang masih masuk akal. Akan tetapi, pertengkaran ini bisa jadi masalah ketika hal ini ada dalam bentuk kecemburuan.

Kecemburuan bisa menyebabkan renggangnya sebuah hubungan dalam jangka panjang jika tidak diatasi dengan baik. Untuk itu, Genhype harus menerapkan beberapa tips ini untuk mengurangi bahkan mengakhiri perasaan cemburu serta memperkuat hubungan antara saudara.
 

1. Berikan pujian untuk anak yang lebih tua

Memberikan pujian kepada si kecil yang memiliki posisi sebagai anak yang lebih tua saat mereka melakukan sesuatu untuk saudara mereka bisa membuatnya terpacu untuk mengulangi tindakan tersebut.
 

2. Anjurkan anak-anak untuk saling bekerja sama

Anjuran kepada anak-anak untuk saling bekerja dan saling membantu sama satu sama lain bisa membuat hubungan menjadi lebih dekat.
 

3. Berikan perhatian yang seimbang

Biasanya, rasa cemburu yang muncul di dalam hubungan saudara terjadi karena adanya salah satu pihak yang menerima perhatian lebih dan pihak lainnya yang merasa terabaikan. Karena itu, usahakan untuk memberikan perhatian yang adil dan seimbang kepada anak-anak dalam setiap hal.

(Baca juga: Bunda, Ini 5 Tips Menangani Anak yang Insecure)
 

4. Ajarkan sikap empati

Sikap empati terhadap sesama saudara dan orang lain merupakan hal yang penting di masa kini dan masa depan. Perlu diketahui bahwa sikap empati sangat membantu di masa yang akan datang dalam berbagai situasi, sehingga hal ini penting untuk diajarkan sejak dini.
 

5. Bagi tanggung jawab secara adil

Saat membagikan tugas kepada anak-anak, Genhype harus bisa memberikan tanggung jawab yang adil terhadap anak-anak dan biarkan mereka menyelesaikannya sendiri. Selain mencegah munculnya rasa cemburu, hal ini juga bisa mengajarkan tentang kemandirian yang juga perlu dibangun sejak dini.
 

6. Bicarakan kepada anak-anak

Masalah kecemburuan pada anak dan perbedaan di antara sesama anak yang semakin melebar merupakan hal yang harus diatasi bersama-sama. Coba bicarakan perlahan kepada anak tentang masalah dan hal yang mengganggunya.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

10 Tips Menjalani Hidup Terbaik

BERIKUTNYA

5 Ciri Profil Pengguna Aplikasi Kencan Daring yang Harus Dihindari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: