Ilustrasi (dok. Pexels)

10 Tips Menjalani Hidup Terbaik

29 October 2021   |   21:55 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Dinamika kehidupan tidak selalu berjalan mulus. Terkadang hidup harus melalui cerita tentang kekecewaan, sedih, kemarahan, di mana hal itu sebagai suatu kewajaran. Kendati demikian kita tetap harus berusaha menjalani hidup sebaik mungkin agar bisa lebih bahagia dan menjalani kehidupan yang lebih baik dengan tenang.

Lantas bagaimana menyiasati agar kita bisa menjalankan hidup dengan baik? Berikut tipsnya dari Psikolog Jovita Ferliana.
 

1. Fokus

Boleh membaut target jangka panjang, tapi jangan lupa juga target jangka pendek. Menurut Jovita, untuk bisa menjalani hidup terbaik, fokus pada target jangka pendek terlebih dahulu.
 

2. Bertanggung jawab atas semua perilaku.

Sebelum mengambil tindakan, pikir kan dengan matang konsekuensi dari keputusanmu itu apakah baik atau buruk untuk diri sendiri. Jika buruk, segera singkirkan. “Yang diambil adalah keputusasaan terbaik yang sudah dipikirkan matang,” tegas Jovita.
 

3. Hidup sesuai hari ini.

Fokuskan yang terjadi pada saat ini. Jangan memikirkan yang belum terjadi di masa depan atau masa lalu yang tidak bisa diubah karena hanya bisa menimbulkan kecemasan. 
 

4. Bersih-bersih untuk meningkatkan kesehatan mental.

Bersih-bersih dari pengaruh negatif dari lingkungan yang kita tinggali. PAkai konsep empat kotak, antara lain kotak simpan barang, untuk dibuang, diamalkan, dan barang untuk dipindahkan dari tempat asal ke tempat lain. 

“Ini supaya kamu bisa mendapatkan lingkungan jauh lebih bersih, supaya semakin nyaman,” tutur Jovita.
 

5. Sederhanakan.

Misal saat bersantai dengan pasangan, nyatakan dalam diri kamu bersyukur telah memilikinya, tanpa memikirkan kamu harus apa saja sepanjang hidup bersamanya.
 

6. Jurnalisasi.

Ekspresikan perasaan kamu ke dalam bentuk tulisan atau gambar. Semua emosi menurut Jovita harus terekspresikan di tempat yang benar agar tidak menyakiti diri sendiri dan orang lain.
 

7. Buat kebahagiaan untuk orang lain.

Menurut penelitian jika kita membuat orang lain bahagia, efeknya kita dua kali lipat lebih bahagia secara mental. Buat orang senang bisa hanya dengan memuji mereka loh. 
 

8. Look after your body.

Penting untuk menjaga kesehatan fisik dengan berolahraga, makan bergizi, dan istirahat yang cukup.
 

9. Kelola inner child.

Segala sesuatu yang dibawa di masa lalu terkadang membuat kita memiliki kritik di dalam diri. Misal, yang kita lakukan di masa kini menjadi hal yang salah. Di dalam diri, ada jiwa masa kecil yang akan menemani kamu sepanjang hidup. Untuk menjalani hidup terbaik, berikan ruang pada diri kita dengan berterima kasih dengan inner child yang kita miliki. 
 

10. Selalu siapkan rencana alternatif.

Sehingga saat ketika rencana pertama tidak berjalan baik, kamu tetap merasa aman karena memiliki rencana lain

“Ingat selalu jalani hidup terbaik karena hanya kamu yang bisa membuat diri kamu bahagia,” tutur Jovita. 

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Prinsip Ikigai Ini Bikin Hidup Menjadi Lebih Bermakna

BERIKUTNYA

Parents, Ini 6 Tips Mengatasi Rasa Cemburu Adik & Kakak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: