Daratan Mars diambil dari Preseverance (dok. NASA)

Intip Penampakan Daratan Planet Mars dari Dekat

29 October 2021   |   09:37 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sempat dinonaktifkan sekitar dua pekan, penjelajah milik NASA Perseverance kembali hidup. Ilmuwan robotik yang dibuat badan penerbangan dan antariksa Amerika Serikat itu sebelumnya hilang koneksi akibat peristiwa konjungsi matahari, yakni ketika Mars berada di belakang Matahari, dan dalam posisi sejajar dengan Bumi. 

Namun saat terbangun, robot beroda enam itu mengirim gambar menakjubkan dari Kawah Jezero, lubang selebar 45 kilometer bekas delta sungai miliaran tahun lalu di Mars.

"Saya kembali bekerja, parkir di antara dua singkapan yang indah ini. Telah melakukan beberapa pencitraan, studi cuaca, eksperimen kimia dan mendapatkan pembaruan perangkat lunak juga," tulis anggota tim misi NASA melalui akun Twitter resmi Perseverance, dikutip Bisnis, Jumat (29/10/2021).

Postingan itu menyertakan dua foto cantik terbaru dari medan yang dilintasi Perseverance.

(Baca juga: Atmosfer Planet Pluto Mulai Menghilang, Ada Apa?)

Preseverance mendarat pada 18 Februari dengan misi berburu tanda-tanda kehidupan Mars kuno dan mengumpulkan lusinan sampel untuk kembali ke Bumi di masa depan. Sampel akan dibawa melalui tabung khusus dan menjadi langkah pengembalian pertama benda-benda dari Mars ke Bumi. 

Robot ini mendarat ditemani helikopter kecil bernama Ingenuity, yang dirancang untuk menunjukkan bahwa eksplorasi udara layak dilakukan di Planet Merah. Helikopter ini menyelesaikan penerbangan Mars ke-14 pada Minggu 24 Oktober 2021.

Setelah lima penerbangan pertama yang mendemonstrasikan teknologi, Ingenuity beralih ke misi yang diperluas yang dirancang untuk menunjukkan potensi pengintaian dari pesawat rotor Mars. 

Helikopter seberat 4 pon (1,8 kilogram) baru-baru ini menjelajahi medan untuk Perseverance, yang telah melaju sejauh 1,66 mil (2,67 kilometer) di kawah Jezero.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Wajib Tahu, Pentingnya Rotasi Ban Mobil untuk Kenyamanan & Keamanan Berkendara

BERIKUTNYA

Gandeng Intellect, Tinder Beri Akses Terapi Kesehatan Mental Gratis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: