Ilustrasi komponen kopling kendaraan (dok: Unsplash/Elena Mozhvilo)

5 Penyebab Kopling Mobil Bunyi

24 October 2021   |   19:29 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Fungsi kopling pada kendaraan sangat penting karena pengemudi bisa menciptakan perubahan kecepatan sesuai yang dibutuhkan. Namun, tak bisa disangkal jika permasalahan sering terjadi pada penggunaan kopling. Contoh yang paling kerap kali dirasakan adalah muncul bunyi ketika kalian melepaskan kopling.

Apa penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas? Jangan remehkan soal bunyi yang muncul karena kalian perlu mewaspadainya sejak dini. 

Mengenali apa saja penyebab dari munculnya bunyi ketika kopling dilepaskan akan mempermudah kalian dalam pengecekan. Apalagi mengingat kopling menjadi komponen yang paling penting supaya laju kendaraan bisa dikendalikan. 

Baca juga: Kopling Tidak Berfungsi? Yuk Cek Penyebabnya

Tanpa kopling dengan kondisi baik, kecelakaan bisa saja terjadi karena kalian tidak bisa menurunkan kecepatan atau bahkan meningkatkannya. Mengutip Suzuki Indonesia, berikut 5 penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas yang bisa diperhatikan sebagai berikut. 
 

1. Keausan pada release bearing

Penyebab yang pertama bisa saja karena release bearing yang mengalami keausan. Pada bagian dalam release bearing terdapat grease yang akan kering sehingga aus karena sering digunakan. 

Pada saat servis biasanya bagian ini akan dicek dan diberikan pelumas, sehingga tidak akan terjadi kendala seperti macet atau muncul bunyi. Namun, jika kalian jarang servis tidak heran jika bagian ini aus dan kering. 

Kalian akan mendengarkan bunyi ketika kopling dilepaskan cukup lama dan posisi dari release bearing menekan diaphragm spring. Bahkan gejala semakin parah juga terjadi dengan bunyi yang muncul bahkan ketika menginjak pedal kopling. 
 

2. Permukaan flywheel dan clutch yang bergelombang

Penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas yang kedua adalah terdapat pada bagian flywheel dan clutch. Permukaan kedua komponen ini seharusnya rata sehingga mampu mentransfer tenaga dari mesin ke transmisi. 

Permukaannya sendiri mudah tidak rata mengingat tugasnya adalah selalu bergesekan dengan permukaan kampas kopling pada saat pedal kopling dilepaskan. Ketidakrataan permukaannya inilah yang membuat suara muncul ketika clutch disc terhubung dengan clutch cover dan flywheel. 

Tidak hanya kopling mobil bunyi yang bermasalah tetapi juga ditambah dengan getaran cukup kuat pada kopling dan terasa sampai ke bodi mobil. Istilah yang digunakan untuk menyebutkan kondisi ini adalah judder. 
 

3. Melemahnya pegas kopling

Setiap sistem kopling dilengkapi dengan pegas yang terhubung langsung pada bagian pedal. Pegas ini bekerja untuk meredam hentakan dan getaran pada saat perpindahaan gigi terjadi. 

Daya pegas memiliki masa penggunaan yang semakin lama akan melemah. Ketika kemampuan pegas sudah menurun, maka hentakan dan getaran tidak dapat diredam kembali. 

Anda akan mendengarkan suara ketika pedal kopling dilepaskan. Perbaikan yang perlu dilakukan adalah menggantinya supaya pegas ini tidak membuat sistem kopling justru menjadi macet. 
 

4. Menipisnya kampas kopling

Bukan hanya masalah pada flywheel yang menjadi penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas. Kampas kopling yang sudah menipis dan bergesekan dengan flywheel yang rata pun bisa menimbulkan bunyi. 

Baca jugaSimak, Ini 4 Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Habis, Segera Ganti!

Berbeda dengan kampas kopling yang masih tebal, bunyi tidak akan muncul karena gesekkan yang terjadi dapat diredam oleh kampas kopling. Selain itu jika kampas kopling sudah menipis juga akan merusak sistem perpindahan gigi menjadi tidak lancar. 

Satu-satunya solusi yang bisa dilakukan jika ini penyebabnya adalah mengganti kampas kopling dengan yang baru. 
 

5. Kerusakan pada plat kopling

Disebut juga dengan clutch disc assy atau  komponen plat kopling yang fungsinya untuk mentransfer energi serta putaran dari mesin ke arah transmisi yang menggunakan gaya gesek.

Hanya saja gaya gesek yang diciptakan sangat besar sehingga jika pengemudi mengoperasikannya dengan cara salah akan tidak beraturan. Efeknya adalah kerusakan pada plat kopling dan memunculkan bunyi ketika kopling dilepaskan. 

Penyebab kopling mobil bunyi saat dilepas ini memang tidak boleh dianggap remeh dan perlu segera di cek agar perbaikan bisa dilakukan lebih awal. Rutin melakukan perawatan atau servis di bengkel  akan menghindari masalah kopling mobil bunyi.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Punya Berbagai Kelebihan, Kalian Patut Mencoba Olahraga Jalan Nordik

BERIKUTNYA

Produsen Pasta Asal Australia Ini Cetak Rekor MURI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: