Ilustrasi perbaikan mesin mobil (dok: Unsplash/Neonbrand)

Dapat Bersihkan Mesin Kendaraan, Apa Itu Engine Flush?

29 December 2021   |   10:39 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Mesin merupakan jantung bagi sebuah kendaraan bermotor. Komponen yang berperan penting, seperti oli mesin, juga menjadi salah satu yang perlu diperhatikan dan rutin diganti. Saat penggantian oli ada beberapa juga yang sekaligus melakukan engine flush. Apa itu?

Menurut Edwin Dwi Novianto, Kepala Bengkel Auto2000 Toyota Permata Hijau, engine flush adalah upaya yang lazim dilakukan untuk membersihkan mesin kendaraan bermotor. 

Engine flush adalah treatment yang bertujuan menghilangkan kerak oli lama yang menempel pada saluran oli mesin dengan cara menambahkan special chemical ke dalam oli mesin.

"Setelah cairan engine flush dituang kemudian akan dilakukan running engine supaya kerak oli dapat ikut terbuang saat ganti oli mesin," katanya dikutip dari keterangan resmi Toyota Auto 2000.

Edwin menyebut engine flush pada dasarnya memiliki khasiat yang sangat bagus bagi mesin kendaraan bermotor. Tentu saja dengan catatan cairan yang digunakan berkualitas baik atau menggunakan cairan yang semestinya.

(Baca juga: Kapan Waktu yang Pas buat Mengecek Level Oli Mesin lewat Dipstik?)

Kendati demikian bagi kalian yang belum pernah sempat melakukan engine flush tak perlu khawatir. Sebab secara signikan memang tidak ada dampak negatif yang besar jika tak pernah melakukan engine flush.

"Dampak yang terjadi umumnya jika tak pernah engine flush adalah kerak oli mesin cenderung tidak terbuang sempurna dibandingkan penggantian oli menggunakan engine flush," tuturnya

Engine flush dilakukan berbarengan dengan penggantian oli mesin. Namun bukan berarti treatment ini harus dilakukan setiap jadwal ganti oli. Kalian bisa memantau kekentalan oli dan membaca kondisinya untuk mempertimbangkan perlu engine flush atau tidak.

Cukup dengan memantau dipstik oli, kalian dapat memeriksa dan menentukan kondisi volume oli maupun kekentalan oli mesin pada mesin mobil tersebut.

Jika kondisi oli lama sudah sagat kental maka itulah indikator mesin tersebut butuh treatmen engine flush. Hal ini demi merontokkan sisa-sisa oli lama yang mengendap di dalam mesin.

Ingat, jangan lakukan engine flush secara sembarangan atau dilakukan sendiri di rumah tanpa peralatan memadai. Serahkan pengerjaan engine flush pada mekanik ahli di bengkel untuk mengurangi risiko kerusakan pada mesin.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Yuk Simak Investasi yang Punya Prospek Positif pada 2022

BERIKUTNYA

Kapan Harus Mengganti Filter AC Mobil? Simak Dulu Penjelasan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: