Ilustrasi ruang mesin mobil (dok: Toyota Auto2000)

7 Cara Mengusir Tikus di Mobil Dijamin Ampuh

03 November 2021   |   17:03 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Cara mengusir tikus di mobil memang susah-susah gampang. Apalagi bila tikus sampai masuk ke dalam kap mobil dan menggigiti kabel-kabel yang ada di dalam mesin.  Bukan tidak mungkin akan terjadi korsleting pada mobil hingga kerusakan yang cukup fatal pada mesin mobil.

Ada beberapa tanda bila tikus sudah telanjur masuk ke dalam kap mesin mobil, seperti; kalian menemukan daun yang bahkan kalian tak pernah menaruhnya di dalam kap mesin mobil, kotoran tikus yang berceceran di sudut-sudut kap mesin mobil, serta bau tidak enak khas bau tikus yang akan tercium saat membuka kap mesin mobil.

Tetapi kalian enggak perlu khawatir dulu, karena ada beberapa cara untuk mencegah masuknya hewan pengerat tersebut ke dalam mobil kesayangan.

Simak berikut ulasan selengkapnya terkait cara mengusir tikus di mobil yang ampuh mengutip Auto2000 Toyota.
 

1. Menyebar kapur barus atau kamper di dalam ruang mesin mobil

Tikus rupanya sangat membenci aroma kapur barus atau kamper. Nah, Anda bisa menumbuk atau menghancurkan kapur barus/kamper terlebih dulu, baru kemudian Anda bisa menyebarkannya ke seluruh mesin mobil. 

Ingat, kalian harus menyebarkan kapur barus/kamper hingga merata sampai ke seluruh sudut-sudut mesin mobil, ya. Agar tikus benar-benar enggan masuk ke dalam kap mobil Anda. Ini cara mengusir tikus di mobil yang sering sekali diandalkan oleh banyak orang. 
 

2. Menyemprotkan cairan antitikus ke dalam ruang mesin mobil

Buat Anda yang tidak tahan atau punya alergi dengan aroma kapur barus/kamper, Anda juga bisa menggunakan cairan spray anti tikus yang bisa Anda beli di toko-toko perlengkapan otomotif. 

Karena spray hanya bersifat sementara, Anda bisa menyemprotkan cairan anti tikus ke kain lalu letakkan kainnya di sudut-sudut mesin mobil. Akan tetapi lebih baik lagi Anda meletakkan kain basah tersebut ke sela-sela filter udara atau melilitkan kain tersebut ke selang ac agar aromanya merata sehingga tikus tak akan memasuki kap mobil Anda.
 

3. Menggunakan cara ekstrim dengan alat ultrasonik pengusir tikus

Nah, jika tikus yang menyerang mobil kesayanganmu sudah sudah terlanjur parah, seperti sudah terlalu banyak menggerogoti kabel dan membuat mesin mobil tampak sangat kotor, Anda mungkin akan membutuhkan cara yang lebih ekstrim ini.

Kini, tersedia banyak alat ultrasonic yang mampu mengusir tikus dengan cepat dan mudah. Cara mengusir tikus di mobil yang satu ini perlu berhati-hati dan teliti supaya tidak merusak interior dan mesin mobil. 

Alat ini bekerja dengan mengeluarkan suara ultrasonic frekuensi rendah yang cukup mengganggu tikus apabila terdengar. Nah, secara alamiah tikus akan menjauhi sumber suara seperti ini.

Kita hanya perlu membeli alat elektronik pengusir tikus ini lalu menghubungkan kabel positif ke baterai dan kabel negatif ke masa. Letakan alat ini didalam ruang mesin dengan posisi yang aman atau jauh dari sumber panas.

Dimalam hari, atau ketika mobil akan diparkirkan dibagasi hidupkan alat ini dengan menekan saklarnya. Namun perlu diingat, alat ini bekerja menggunakan arus listrik dari aki selama semalaman. 

Jadi pastikan kondisi aki mobil kalian masih sehat ya, agar saat pagi hari aki tidak tekor dan mobil bisa dihidupkan secara normal.
 

4. Memasang lampu LED low voltage di dalam ruang mesin mobil.

Kalau menurutmu alat elektronik pengusir tikus terlalu boros energi, Anda juga bisa menggunakan lampu LED ultra low voltage.

Dengan daya yang dikeluarkan tidak sampai 1 watt, lampu ini cukup efektif untuk mencegah tikus masuk ke kap mesin mobil. Cukup dengan meletakkan lampu LED di area mesin yang ditemukan kotoran tikus lalu hidupkan dikala mobil kalian diparkirkan. Maka tikus akan enggan untuk masuk ke kap mesin karena kondisinya yang terang.
 

5. Jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin mobil setiap hari

Perlu kalian ingat bahwa tikus menyukai tempat yang tenang dan lembab. Nah, bila kalian tidak rutin memanaskan mesin mobil Anda, otomotis area mesin mobil akan lembab dan menjadi tempat tikus bersarang yang tenang untuk mereka bersembunyi di dalamnya. Karena itulah jangan sampai lupa untuk memanaskan mobil kesayanganmu setiap hari, ya.
 

6. Pastikan mesin mobil agar selalu bersih.

Bila sudah pernah ada tikus yang masuk ke dalam kap mesin mobil anda, sebaiknya cepat-cepat untuk membersihkan mesin mobil dari kotoran serta baunya, ya. 

Karena bau dan kotoran yang tersisa di dalam kap mesin mobil kalian justru akan mengundang tikus-tikus lain untuk datang dan bersembungi di dalam kap mesin mobil. Pastikan rutin dalam menjaga kebersihan kendaraan.
 

7. Jangan memarkirkan mobil di dekat selokan atau semak-semak

Apabila keenam cara di atas sudah pemilik mobil coba, hal terakhir tapi yang paling utama kalian lakukan untuk mencegah masuknya tikus ke dalam kap mesin mobil adalah Anda tidak boleh memarkirkan mobil di sembarang tempat.

Selokan dan semak-semak adalah tempat-tempat yang biasa jadi habitat tikus. Karena itulah kalian harus menghindari dua area ini saat akan memarkirkan mobil.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hikmat Darmawan antara Pasar Loak, Koleksi Buku & Komik hingga Perpustakaan Publik

BERIKUTNYA

Puluhan Brand Lokal Tawarkan Promo Menarik Lewat Kampanye Cinta Produk Lokal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: