Kondisi kampas tipis sampai kabel mekanis adalah penyebab kopling tidak berfungsi (sumber gambar ilustrasi: pexels/cottonbro)

Kopling Tidak Berfungsi? Yuk Cek Penyebabnya

25 June 2022   |   20:30 WIB

Kopling merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan lantaran memiliki fungsi untuk memindahkan gigi, sshingga kendaraan dapat melaju. Namun, tidak jarang pengguna mendapati kopling tidak berfungsi, entah karena sudah aus akibat umur komponen yang sudah lama atau pun akibat kesalahan dalam pemakaian.

Instruktur Otomotif PT Otoklix Indonesia Edi Wisono menuturkan ada beberapa penyebab kopling pada kendaraan tidak berfungsi, dari kondisi kampas kopling yang sudah tipis sampai dengan kabel mekanis.

Berikut penyebab-penyebab kopling tidak berfungsi:
 

1. Kampas kopling menipis

Kondisi kampas kopling yang menipis merupakan salah satu penyebab kopling pada kendaraan tidak berfungsi. Kampas kopling bisa tipis lantaran proses kerja kopling bergesekan antara fly wheel dengan pressure cluth saat pedal kopling diinjak dan dilepas.

Terlebih lagi, lanjutnya, pengemudi selalu menginjak kopling setengah. Biasanya, menginjak kopling setengah dilakukan oleh pengemudi saat jalanan macet.

Damper cluth atau pegas kopling lepas
Penyebab lain kopling tidak berfungsi adalah pegas kopling yang lepas. Pegas kopling yang lepas dapat mengganjal kopling. Kondisi ini biasanya terjadi karena pemakaian kopling selalu dihentak atau kasar.
 

2. Release bearing macet

Release bearing yang macet merupakan penyebab lain kopling pada kendaraan tidak berfungsi. Release bearing bisa macet lantaran sering melewati genangan air yang mencapai area kopling.
 

3. Ada kebocoran.

Kopling tidak berfungsi lantaran terjadi kebocoran. Terutama pada kopling dengan sistem penggerak hidrolik. Biasanya, kebocoran dapat terjadi lantaran seal yang ada pada sistem hidrolik sudah lama.
 

4. Kabel putus

Penyebab lain kopling pada kendaraan tidak berfungsi adalah karena kabel kopling – jika menggunakan sistem kabel - putus. Kebel kopling pada kendaraan bisa putus lantaran umur pakai.

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Viral Tom Liwafa Beli BMW i8 Atta Halilintar, Yuk Intip Kerajaan Bisnis Crazy Rich Surabaya Ini

BERIKUTNYA

Kenapa Museum Kurang Memiliki Daya Tarik untuk Wisata Edukatif?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: