Ilustrasi kegiatan keluarga. (Dok. CDC dari Unsplash)

4 Aktivitas Keluarga yang Seru untuk Mengurangi Bermain Gawai

20 October 2021   |   07:40 WIB

Aktivitas dan pekerjaan dengan tingkat paparan gawai yang tinggi kini menjadi rutinitas yang tidak bisa dihindari. Akan tetapi, hal ini bisa menimbulkan kejenuhan dan masalah kesehatan seperti kondisi mata minus atau miopi yang semakin memburuk, kesulitan tidur akibat cahaya biru, hingga peningkatan risiko obesitas karena gaya hidup yang kurang aktif.

Hari libur atau akhir pekan bisa menjadi kesempatan bagi Genhype dan si kecil untuk melakukan aktivitas keluarga bersama-sama agar bisa mengurangi kejenuhan karena penggunaan gawai serta meningkatkan waktu bersama keluarga secara maksimal. Yuk coba empat kegiatan ini!
 

1. Menanam sayuran

 

Ilustrasi bercocok tanam di rumah. (Dok. CDC dari Unsplash)

Ilustrasi bercocok tanam di rumah. (Dok. CDC dari Unsplash)

Kebun di rumah bisa menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan bersama-sama baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Dengan banyak teknologi yang mempermudah bercocok tanam di rumah seperti kehadiran set peralatan bertanam hingga adanya produk menanam yang mudah membuat kegiatan ini menjadi tidak sesulit dibandingkan beberapa tahun lalu.

Selain itu, kegiatan menanam tanaman bisa jadi salah satu cara untuk mengajarkan si kecil tentang kesabaran sekaligus belajar tentang tanaman itu sendiri. 
 

2. Membuat kue bento

 

Ilustrasi kue bento. (Dok. Karolina Grabowska dari Pexels)

Ilustrasi kue bento. (Dok. Karolina Grabowska dari Pexels)

Setidaknya dalam satu tahun terakhir, kue bento yang dikenal dengan bentuknya yang kecil dan dikemas dalam kotak porsi satu orang menjadi tren di kalangan masyarakat karena bentuknya yang ringkas, pembuatannya yang simpel, dan dekorasinya yang kreatif. Kue ini ternyata mudah dicoba di rumah bersama di kecil lho!

Jika Genhype kesulitan untuk membuat kue dari bahan mentah, kalian bisa mengakalinya dengan tepung pre-mix siap pakai yang hanya menambahkan air, telur, dan bahan tambahan sesuai petunjuk kemasan. Selain menjadi kegiatan keluarga yang asyik, membuat kue juga bisa menjadi kesempatan untuk mengajarkan si kecil tentang proses memasak kue.
 

3. Susun puzzle tiga dimensi

 

Ilustrasi puzzle tiga dimensi. (Dok. Anthony Shkraba dari Pexels)

Ilustrasi puzzle tiga dimensi. (Dok. Anthony Shkraba dari Pexels)

Puzzle tiga dimensi umumnya banyak ditemukan di toko-toko mainan dan biasanya memiliki bentuk yang bervariasi, mulai dari bentuk figur mobil hingga bangunan. Permainan ini bisa dimainkan bersama si kecil untuk melatih kemampuan motorik. Meski terkesan lebih sulit, Genhype bisa membantunya dalam menyusun puzzle ini.

 

4. Buat tote bag dengan desain sendiri

 

Ilustrasi tote bag yang dilukis. (Dok. billow926 dari Unsplash)

Ilustrasi tote bag yang dilukis. (Dok. billow926 dari Unsplash)

Ada berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan kreativitas si kecil dan salah satunya adalah dengan membuat prakarya di atas barang-barang tertentu. Tote bag atau tas kanvas bisa menjadi salah satu medium untuk melakukannya dengan cara menggambarnya dengan spidol khusus kain.

Dengan tas kain yang bisa dicari di toko-toko tas atau mencari di situs daring dan spidol kain yang bisa dibeli di toko peralatan kesenian (art supplies), Genhype dan si kecil bisa berkreasi dalam merangkai sebuah tas kanvas penuh warna dengan grafis yang didesain sendiri. Cara ini juga bisa menjadi ladang kreativitas sekaligus pendidikan akan pentingnya mengurangi plastik.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sylvester Stallone Pensiun dari Franchise Expendables

BERIKUTNYA

5 Tips Meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: