Ilustrasi kemacetan di Cikuasa Atas, Merak. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Rezha Hadyan)

5 Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan saat Terjebak Macet

28 April 2022   |   14:00 WIB

Mudik menjadi salah satu kebiasaan tahunan masyarakat Indonesia saat menjelang Lebaran. Banyak orang yang melakukan perjalanan jauh dengan berbagai kendaraan, baik jalur darat, laut, maupun udara. Akan tetapi, kadang kala mudik menjadi kegiatan yang menguras tenaga karena kemacetan saat perjalanan.

Dengan terbatasnya berbagai aktivitas saat kemacetan perjalanan, tentu perlu beberapa persiapan tambahan yang bisa dilakukan agar perjalanan mudik menjadi tidak membosankan. Bervariasi dari aktivitas individu hingga aktivitas bersama, yuk intip beberapa kegiatan asyik yang bisa dilakukan saat mengalami kemacetan di jalanan.


1. Membaca buku

Aktivitas membaca buku menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat kemacetan, di mana kegiatan ini bisa menjadi hiburan atau menambah pengetahuan. Buku yang disajikan bisa sesuai dengan preferensi pribadi atau buku yang bisa dinikmati semua orang.

Tidak hanya itu, buku juga bisa dibacakan kepada anak-anak yang ikut pergi dalam perjalanan mudik. Jangan lupa pastikan untuk mengambil jeda saat membaca karena ada beberapa orang yang belum terbiasa membaca buku saat perjalanan.


2. Bermain permainan analog atau manual

Kegiatan yang enggak kalah asyik saat menghadapi kemacetan adalah permainan berbasis analog atau manual dengan bantuan kartu atau tidak menggunakan alat sama sekali. Gim yang bisa dicoba bervariasi dari permainan kartu seperti truth or dare dan tanya jawab serta kartu strategis seperti UNO.

Selain itu, permainan lainnya yang bisa dicoba adalah permainan yang tidak mengandalkan alat tambahan, misalnya tebak-tebakan dan membuat puisi acrostic dari masing-masing huruf sebuah kata.


3. Buat perencanaan perjalanan atau itinerary

Jika merasa jenuh dan belum memiliki rencana kegiatan saat sampai di kampung halaman, maka perencanaan perjalanan atau itinerary bisa direncanakan saat sedang menunggu lancarnya jalan. Tujuan dari perencanaan ini adalah agar Genhype dan keluarga tidak merasa bingung saat sudah sampai destinasi.

Perencanaan ini bisa meliputi tempat menginap, barang-barang atau hantaran yang dibeli di kota tujuan jika tidak sempat membeli di kota asal, hingga kegiatan bersama keluarga besar yang bisa dilakukan saat Lebaran (setelah silaturahmi).


4. Lakukan pemanasan ringan

Pemanasan ringan penting dilakukan saat perjalanan mudik, terutama ketika perjalanan yang dilakukan lebih dari dua jam atau bahkan bisa memakan waktu hingga 12 jam. Tujuan dari pemanasan ini adalah agar badan tetap sehat dan tidak kaku.

Untuk melakukan pemanasan ini, Genhype bisa meregangkan tangan, melakukan pemanasan pada punggung dan pinggang sambil bertumpu pada kursi, dan memiringkan kepala ke samping serta atas dan bawah.


5. Mendengarkan siniar

Siniar atau podcast bisa jadi salah satu hiburan yang bisa dilakukan saat menghadapi kemacetan, di mana teknologi platform musik kini menghadirkan variasi siniar dengan berbagai macam aliran seperti berita, talk show, cerita atau narasi audio, hingga komedi.

Kesempatan mendengarkan siniar bisa jadi cara untuk menghabiskan berbagai daftar putar siniar yang terus tertunda. Siapa tahu, mendengarkan siniar juga jadi menambah ilmu atau pengetahuan baru.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Setelah Lebaran Banyak Karyawan Resign, Ini Kiat Perusahaan Menghadapinya

BERIKUTNYA

Inilah 5 Film Musikal Terlaris di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: