Ilustrasi makan. (Dok. Sander Dalhuisen dari Unsplash)

5 Tips Meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan

20 October 2021   |   09:23 WIB

Proses makan yang sehat enggak sekadar menjaga pola makan dan mengatur jenis makanan yang dikonsumsi, tapi juga memerhatikan bagaimana makanan diproses di dalam sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang baik bisa membantu dalam memproses makanan yang kemudian membantu kerja tubuh,

Namun sistem pencernaan yang buruk bisa berdampak pada berbagai masalah kesehatan seperti sakit perut, mag, hingga diare. Nah buat menjaga kesehatan saluran pencernaan, yuk ikuti lima tips ini untuk meningkatkan kemampuan sistem pencernaan saat makan, baik saat diet maupun saat kondisi normal.
 

1. Makan makanan hangat

Makanan yang disajikan dalam keadaan hangat merupakan makanan yang disarankan karena jenis ini lebih mudah diserap tubuh ketimbang makanan dingin atau makanan yang baru dikeluarkan dari lemari pendingin.

Alasannya adalah makanan dingin bisa memperlambat cara kerja saluran pencernaan sehingga memperlambat proses selanjutnya hingga meningkatkan risiko penyakit di sistem pencernaan.



2. Makan saat lapar

Makan di saat kondisi sedang lapar merupakan cara yang baik ketimbang makan saat tubuh tidak lapar. Jika dipaksa, maka hal ini bisa berdampak kurang baik pada tubuh sehingga disarankan untuk membuat jadwal makan sehingga tubuh akan merasa lapar di waktu yang sama setiap harinya.

Selain itu, atur porsi makan sesuai kebutuhuan sehingga kecenderungan makan berlebihan bisa diatasi dengan lebih baik dan tubuh bisa memproses makanan dengan lebih teratur.



3. Kunyah makanan

Biasakan untuk mengunyak makanan hingga menjadi potongan kecil-kecil yang cukup mudah untuk diproses oleh enzim di dalam saluran pencernaan. Meski mengunyah bisa mengurangi stres dan meningkatkan sistem pencernaan, kunyahan yang kurang baik justru bisa berdampak pada penyerapan nutrisi yang lemah.


 

1
2


SEBELUMNYA

4 Aktivitas Keluarga yang Seru untuk Mengurangi Bermain Gawai

BERIKUTNYA

Selain Angelina Jolie, 3 Artis Ini Dikenal Sering Memakai Berulang Kali Pakaiannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: