Ilustrasi ban mobil (dok: Unsplash/Mason Jones)

Musim Hujan Tiba, Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Ban Mobil?

18 October 2021   |   12:05 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

6. Ban ada benjolan

Benjolan pada ban sering terjadi. Benjolan tersebut adalah pertanda ada anyaman benang atau kawat penguat konstruksi ban yang putus. Jika sudah terjadi benjolan, itu berarti ketahanan ban sudah tidak seragam. 

Ban rawan mudah pecah karena ada beberapa bagian ban yang tidak lagi kuat menahan tekanan udara. Kalian wajib berhati-hati, apabilan umur ban mobil yang dipakai memang sudah lebih dari tiga tahun. Segera gantikan dengan yang baru.

Benjolan pada ban bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, misalnya tekanan angin yang sering kurang dari standar semestinya sehingga beberapa bagian ban harus menanggung beban lebih berat dari bagian lain.
 

7. Ban retak-retak

Ban yang retak pada sisi samping kerap kita temui, biasanya hal ini terjadi karena ban terlalu sering kontak dengan panas dalam waktu lama. Sehingga ban mengalami kerusakan atau mudah rapuh sebelum umur semestinya.
 

8. Sudah sering ditambal

Ban bocor akibat terkena benda tajam sering terjadi dan sulit dihindari. Pada ban tubeless, biasanya cukup ditambal kemudian ban bisa berfungsi kembali seperti semula. 

Namun jika sudah terlalu sering bocor dan ditambal, maka kekuatan ban akan berkurang. Sebaiknya ganti ban yang sudah banyak tambalan dengan ban baru.
 

9. Lecet karena kena benda keras

Ada kalanya ban mobil kita kontak dengan benda keras seperti trotoar jalan atau saat masuk lubang di jalan yang rusak, hingga terjadi lecet-lecet cukup besar pada ban. 

Memang ban masih bisa digunakan dan seperti tidak ada kendala, namun kondisi ban yang sudah tidak sempurna tersebut berpotensi menjadi masalah karena ketahanan setiap sisi ban tidak lagi seragam. 

Misalnya jika harus kembali melewati jalan yang rusak, kondisi ban sudah tidak prima sehingga ada kemungkinan pecah.
 

10. Kembang ban terangkat (heel toe wear)

Heel toe merupakan kondisi ban yang kembangnya seperti terangkat. Hal ini terjadi pada ban mobil yang sering melalui jalanan yang rusak, khususnya mobil yang dipacu pada kecepatan tinggi di jalan yang tidak rata, sehingga sering mengerem cukup keras di jalanan tersebut. 

Hal ini juga bisa disebabkan karena bushing suspensi, bearing roda dan ball joint yang sudah aus.


Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

Hometown Cha-Cha-Cha Tamat, Ini 4 Momen Paling Bikin Nangis

BERIKUTNYA

Episode Terakhir Hometown Cha-Cha-Cha Dapat Rating Tertinggi, Ini Tanggapan Para Pemain

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: