Museum Nasional Indonesia (Dok. Situs resmi Museum Nasional Indonesia )

Hari Museum Nasional, Ini 5 Alasan Pentingnya ke Museum

12 October 2021   |   15:32 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setiap tanggal 12 Oktober diperingati sebagai Hari Museum Nasional. Peringatan tersebut merupakan hasil dari pertemuan nasional pengelola Museum se-Indonesia di Kota Malang, Jawa Timur pada tanggal 26-28 Mei 2015. Mereka berkumpul untuk menetapkan hari museum Indonesia sekaligus membahas paradigma baru untuk memajukan museum di Tanah Air.

Seperti dilansir dari laman Kemendikbud, Selasa (12/10/2021), tanggal 12 Oktober sendiri dipilih karena merujuk pada acara Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang pertama kali di Yogyakarta pada 12-14 Oktober 1962 yang diadakan oleh sejumlah tokoh, pendiri, pencinta, dan pemerhati museum, salah satunya adalah Drs. Moh. Amir Sutaarga yang dikenal sebagai Bapak Permuseuman Indonesia.

Kegiatan tersebut menghasilkan sepuluh resolusi penting yang menjadi tonggak museum di Indonesia serta landasan kerja pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan museum di Indonesia.

Genhype mungkin bertanya-tanya, apa sih pentingnya kita mengunjungi museum? Melansir dari laman Wichita Falls Museum of Art at Midwestern State University (WFMAMSU), berikut ini adalah 5 manfaat mengunjungi museum bagi semua orang.


1. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan

Museum adalah rumah bagi koleksi objek menarik baik yang bernilai sejarah ataupun estetika yang akan menambah pengetahuan dan wawasan kita saat mengunjunginya.

Lebih dari itu, staf museum yang bertugas juga bisa membantu kita untuk lebih memahami setiap barang koleksi yang ada di museum, termasuk sejarahnya.
 

Ilustrasi para pengunjung museum (Dok. Situs resmi Museum MACAN)

Ilustrasi para pengunjung museum (Dok. Situs resmi Museum MACAN)

 

1
2


SEBELUMNYA

Gaya Fesyen Ini Bakal Jadi Tren Sepanjang Akhir Tahun 2021

BERIKUTNYA

Aespa Susul ITZY & TWICE untuk Tampil di The Kelly Clarkson Show

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: