Ilustrasi mesin sepeda motor (dok: Unsplash/Harley Davidson)

Kinclong, Ini Cara Mudah Membersihkan Mesin Motor

08 October 2021   |   09:58 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

4. Menggunakan larutan asam cuka

Cara mengkilapkan mesin motor selanjutnya bisa menggunakan larutan asam cuka.  Larutan ini sanggup menghilangkan karat dan kerak yang menempel pada mesin motor dengan mudah. Hal ini karena perannya sebagai hasil oksidasi besi dengan oksigen. 

Pertama basahi area permukaan mesin yang berkerak tersebut dengan larutan asam cuka. Kemudian basahi dengan menggunakan sikat yang aman. Gosok dengan hati-hati agar tidak merusak permukaannya, dan jangan sampai ada tetesan ke bodi motor. 


5. Menggunakan bensin atau solar

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan bensin atau solar. Kedua bahan ini sanggup mengangkat kotoran di sela-sela mesin. Sifatnya yang membilas bisa sekalian membawa molekul bahan bakar bersama kotoran yang menempel.

Namun, kalian harus hati-hati karena bensin atau solar mudah terbakar. Saat membersihkan bagian bawah mesin, siapkan bak penampung agar bensin atau solar tertampung di bak dan tidak keluar kemana-mana.

Lihatlah bagaimana oli yang keluar langsung berubah saat blok mesin dibuka. Jika oli dalam keadaan kehitaman maka tandanya berarti memang banyak kotoran di dalamnya.
 

6. Menggunakan soda api dan batu ijo

Tips selanjutnya adalah menggunakan bahan soda api dan batu ijo. Bahan-bahan ini bisa Anda temukan dengan mudah di toko material. Gunakan bantuan penggosok yang kasar dan halus. Pertama-tama bersihkan blok mesin yang sudah dikeluarkan dari bodi motor. 

Kemudian gosok mesin dengan sabun dan penggosok pada permukaannya. Hilangkan kotoran, kerak, dan karat yang menempel.

Jika sudah keringkan dahulu blok mesin tersebut. Setelah itu baru oleskan soda api dengan bantuan kuas secara merata pada permukaan blok mesin. 

Hati-hati agar tidak mengenai kulit, karena bahan-bahan ini sangat sensitif. Langkah selanjutnya tunggu hingga beberapa menit untuk mengetahui reaksi yang timbul. Kotoran dan kerak perlahan akan meluruh. Jika sudah, kalian bisa mencuci kembali blok mesin hingga bersih. 
 

7. Menggunakan bahan pembersih rumah tangga

Bahan yang tidak disangka dan bisa mengkilapkan body motor dan blok mesin adalah cairan pembersih rumah tangga. Bahan-bahan ini sangat terjangkau namun cukup efektif dalam menghilangkan berbagai kotoran yang menempel pada permukaan blok mesin motor.

Ada beberapa macam cairan rumah tangga yang bisa digunakan, mulai dari sabun cuci piring, deterjen, dan cairan pembersih lantai atau keramik kamar mandi. Caranya sangat mudah tapi membutuhkan ketelatenan, karena kandungan cairannya yang kurang keras untuk meluruhkan kotoran. 
 
Agar bersih sempurna, pastikan semua permukaan blok mesin bersih dari kotoran yang berupa kerak dan karat. Jika ada sisa kotoran yang menempel, silakan mengulangi untuk membersihkan beberapa kali dengan cairan rumah tangga tersebut hingga terlihat bersih. 
 
Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan saja cairan pembersih lantai kamar mandi yang lebih ampuh dibanding lainnya. Gosok dengan menggunakan kuas kecil atau lap tebal secara merata. jika sudah, tunggu cairan itu bereaksi. 
 
Kalian juga bisa menggosok menggunakan sikat gigi. Hati-hati dalam membersihkan permukaan blok mesin. Sebaiknya menggunakan sarung tangan agar cairan yang keras tersebut tidak mengenai kulit yang bisa menimbulkan iritasi. 
 

8. Bersihkan kembali bagian dalam dan luar sepeda motor

Setelah memberikan beberapa bahan yang menurut kalian paling aman, mudah diaplikasikan, dan mudah didapatkan, maka bisa kembali membersihkan semua bagian motor. Bersihkan semua bagian motor, mulai dari bagian dalam dan luarnya.
 
Gunakan air bersih mengalir untuk membersihkannya. Pilih sabun khusus motor yang bagus dan gunakan lap basah dan kering yang bersih dan lembut. Penggunaan alat dan bahan yang aman akan melindungi penampilan kendaraan dan tidak akan merusaknya.  


Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

Move to Heaven & Sweet Home Raih 3 Penghargaan di Asia Contents Awards Ke-3

BERIKUTNYA

9 Cara Merawat Motor Bebek agar Performanya Terjamin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: