Ilustrasi mesin sepeda motor (dok: Unsplash/Harley Davidson)

Kinclong, Ini Cara Mudah Membersihkan Mesin Motor

08 October 2021   |   09:58 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Penampilan kendaraan yang bagus tidak melulu dilihat dari luar, tapi juga dari dalam seperti tampilan mesin sepeda motor. Mesin motor yang terlihat kotor tentu akan mengurangi kualitas kinerjanya. Oleh karena itu, wajib bagi kalian mengetahui bagaimana cara mengkilapkan mesin sepeda motor dengan benar.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa bagian mesin merupakan bagian yang rumit dan selalu tertutup. Selain sulit dibersihkan, bagian tersebut rentan mengalami kerusakan apabila dibersihkan dengan cara yang keliru.

Agar kalian tak mengalami kejadian tersebut, simak dulu tips dari Suzuki Indonesia sebelum memulai membersihkan mesin sepeda motor kesayangan kalian. Berikut di bawah ini adalah beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan untuk membuat mesin sepeda motor terlihat bersih!


1. Gunakan amplas

Sebelum melakukan rangkaian pembersihan, tahap pertama yang wajib dilakukan adalah mengamplas bagian mesin motor dengan amplas yang sesuai. Gunakan amplas kasar jika terdapat banyak karat menempel, atau cukup amplas halus untuk membersihkan bagian yang sedikit kotor. 
 
Karat yang menempel di blok mesin bisa menjadi penyebab kerusakan mesin. Hal itu bisa disebabkan oleh reaksi air pada blok mesin dan hal-hal buruk lainnya. Untuk mengatasinya, satu-satunya cara adalah mengamplasnya hingga bersih kembali. 
 

2. Mencuci sepeda motor terlebih dulu

Setelah diamplas, bersihkan mesin sepeda motor sekalian dengan keseluruhan bodi sepeda motornya jika perlu. Tujuannya agar semua bagiannya bisa bersih. Untuk mendapat hasil bersih maksimal, cucilah sepeda motor dan mesinnya dengan sabun cuci sepeda motor yang bagus.

Hati-hati saat mencuci bagian blok mesin. Usahakan sabun atau air tidak memasuki bagian-bagian dalam mesin.

Hal itu demi menjaga mesin tetap normal. Dengan mencuci blok mesin, kotoran dan kerak yang menempel bisa dihilangkan dengan cukup efektif meskipun butuh tindakan pembersihan selanjutnya. 
 

3. Menggunakan cairan metal polish

Pembersihan lanjutan setelah mencuci mesin motor sangat bermacam-macam. Cara mengkilapkan mesin pada motor tersebut bisa dibantu dengan bahan-bahan yang mampu membersihkan kerak dan kotoran yang menempel, mulai dari bahan mahal hingga bahan yang terjangkau.
 
Bahan yang paling umum digunakan untuk membersihkan bagian-bagian motor adalah cairan metal polish. Metal polish merupakan cairan pembersih yang dijual di pasaran. Ada beberapa macam bentuk metal polish mulai bentuk cairan atau pasta. 

Agar lebih mengkilap sempurna, semua permukaan blok mesin harus dicuci dengan hati-hati. Sabun cuci tersebut dinilai bisa menghilangkan kerak yang membandel. Gosok dengan metal polish hingga mesin motor benar-benar mengkilap.
 
1
2


SEBELUMNYA

Move to Heaven & Sweet Home Raih 3 Penghargaan di Asia Contents Awards Ke-3

BERIKUTNYA

9 Cara Merawat Motor Bebek agar Performanya Terjamin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: