Nasi jagung (dok.Unsplash)

Segudang Manfaat Nasi Jagung, Bisa Cegah Kanker Loh

30 September 2021   |   14:22 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Nasi jagung menjadi pangan khas masyarakat di Tanah Air, khususnya di Pulau Jawa dan Indonesia bagian timur. Selain rasanya enak, nasi ini mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. 
 
Berbeda dengan nasi putih, nasi jagung mengandung karbohidrat kompleks yang lamban dicerna tubuh. Proses tersebut pun menyebabkan kadar gula di dalam tubuh meningkat secara perlahan. Senyawa fitokimia yang terkandung di dalam jagung juga membantu mengatur penyerapan dan pelepasan insulin di dalam tubuh.

Dengan demikian, nasi jagung cocok dikonsumsi penderita diabetes maupun hipertensi. Mereka yang sedang menurunkan berat badan juga bisa mengonsumsinya karena nasi ini membuat kita kenyang lebih lama.

Baca juga: Biar Sukses Diet Nasi, Kenali Ragam Pangan Alternatif Ini

Melansir dari healthbenefit, manfaat kesehatan lain dari nasi jagung, di antaranya :


1. Sumber energi

Nasi jagung bisa menjadi alternatif sumber energi karena jagung kaya akan kalori. Kandungan kalori dalam nasi jagung sekitar 345 per 100 gram.


2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan senyawa karotenoid yang terdiri dari luthein dan zeaxanthon yang memberikan warna pigmen kuning pada jagung sangat bermanfaat untuk menjaga mata agar tetap sehat. Senyawa tersebut membuat kita terhindar dari katarak atau gangguan mata lainnya.


3. Melancarkan buang air

Sifat diuretik pada jagung dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih, juga menyembuhkan asam urat dan mencegah terjadinya batu ginjal.


4. Menjaga fungsi ginjal

Kandungan mineral seperti fosfor dalam nasi jagung juga sangat penting untuk melindungi fungsi dan kerja ginjal agar tetap dalam kondisi normal.


5. Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan serat dalam nasi jagung dapat memenuhi sekitar 18,4 persen dari total yang disarankan per hari. Oleh karenanya nasi jagung sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi gangguan pencernaan seperti wasir dan sembelit.
1
2


SEBELUMNYA

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Masuk ke Tokyo International Film Festival

BERIKUTNYA

5 Langkah Sederhana Mencegah Kopi Punah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: