Ilustrasi buku catatan. (Dok. Jess Bailey dari Unsplash)

4 Aktivitas Seru dengan Buku Kosong yang Bisa Dicoba di Rumah

28 September 2021   |   13:22 WIB

Situasi pandemi memicu Genhype untuk mencoba berbagai hobi baru yang belum pernah dilakukan sebelum pandemi. Tidak hanya itu, hobi baru juga bisa menjadi kesempatan untuk mengeksplorasi diri sendiri di tengah kebosanan rutinitas yang itu-itu saja. Salah satunya adalah melakukan hobi yang berkaitan dengan buku.

Mulai dari eksplorasi resep masakan hingga prakarya, lima aktivitas dengan buku kosong ini bisa Genhype coba untuk diri sendiri atau dilakukan bersama teman-teman. Enggak hanya itu, aktivitas ini juga bisa memanfaatkan buku kosong yang sudah tidak terpakai lagi di rumah.

1. Telusuri resep masakan
 

Ilustrasi buku resep tulisan tangan. (Dok. WebFactory Ltd dari Unsplash)

Ilustrasi buku resep tulisan tangan. (Dok. WebFactory Ltd dari Unsplash)

Dengan banyaknya sumber resep masakan yang ada di saat ini, baik melalui artikel di dalam berbagai situs, tayangan video, maupun buku resep, enggak ada salahnya untuk mulai mencoba resep-resep yang selama ini hanya mengendap di dalam catatan dalam gawai atau catatan buku.

Selain sebagai hobi, Genhype juga bisa menekuninya dengan serius melalui eksplorasi resep ini sebagai sebuah usaha kecil-kecilan lho!

2. Melukis
 

Ilustrasi melukis di buku. (Dok. Quinton Coetzee dari Unsplash)

Ilustrasi melukis di buku. (Dok. Quinton Coetzee dari Unsplash)

Beberapa waktu belakangan, melukis menjadi kegiatan yang therapeutic atau bisa memicu rasa seperti terapi dengan berbagai medium. Ada yang melukis dengan menggunakan buku sketsa dan pensil biasa, pensil warna, krayon, cat air untuk kesan watercolor, hingga hanya bermodalkan spidol atau pulpen saja.

Tanpa perlu alat yang memakan biaya, Genhype juga bisa melukis di dalam buku dan membuat karya hanya dengan kertas biasa.

3. Mencatat atau membuat ringkasan
 

Ilustrasi buku catatan. (Dok. Nick Morrison dari Unsplash)

Ilustrasi buku catatan. (Dok. Nick Morrison dari Unsplash)

Selama masa pandemi, Genhype banyak melihat berbagai acara yang diselenggarakan secara daring mulai dari webinar, talkshow, hingga konser. Nah, buat kalian yang suka mencatat, hobi menulis ringkasan bisa jadi salah satu yang bisa dilakukan.

Jika biasanya kebiasaan atau hobi ini dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa dengan membuat ringkasan atau catatan yang diberi dekorasi highlighter dan spidol warna, kali ini kalian bisa kembali mempraktikannya di sini.

4. Self-journaling
 

Ilustrasi menulis jurnal di buku. (Dok. Thought Catalog dari Unsplash)

Ilustrasi menulis jurnal di buku. (Dok. Thought Catalog dari Unsplash)

Penulisan jurnal di dalam buku juga bisa menjadi salah satu hobi baru yang patut dicoba di masa pandemi. Kegiatan ini sendiri bisa dibuat dengan tujuan untuk berpikir positif dan selalu bersyukur dengan cara menuliskan hal-hal yang terjadi di satu hari di dalam sebuah buku.

Tapi menulis jurnal enggak selamanya harus dituangkan dalam bentuk teks atau berisikan tentang motivasi diri. Jurnal juga bisa ditulis sebagai catatan pengingat layaknya dream journal atau jurnal mimpi dan jurnal narasi fiksi. Ada juga comic journaling yang merupakan teknik penulisan jurnal dengan bentuk visual dengan adanya unsur lucu atau jenaka.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Fantastis, HYBE Beli Lokasi Syuting BTS In The SOOP 2 Seharga 1,3 Triliun Won

BERIKUTNYA

Simak 3 Tren Bisnis Perhotelan pada Masa Pandemi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: