Ilustrasi (Dok.Vera Arsic/Pexels)

Ini 7 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship

20 September 2021   |   18:24 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setiap pasangan pasti menginginkan hubungan yang sehat dan nyaman. Namun, kondisi ideal itu sulit diwujudkan oleh beberapa pasangan. Tidak sedikit dari mereka yang justru terjebak dalam hubungan beracun atau yang lebih dikenal dengan toxic relationship. Alih-alih keluar dari hubungan yang toxic, banyak orang justru belum mengenal karakteristik dari hubungan yang sudah tidak sehat.

Tidak dipungkiri garis antara hubungan yang sehat dan tidak sehat terkadang sulit untuk dikenali, sekalipun tanda-tanda itu tampak jelas bagi orang lain di luar hubungan sepasang kekasih. Agar kamu tidak terjebak, berikut adalah beberapa tanda hubungan beracun atau toxic menurut seorang terapis dari California Jeni Woodfin dikutip dari Insider, Senin (20/9), berikut ini.

1. Kurangnya kepercayaan
Pasangan biasanya seseorang yang bisa kamu andalkan sehingga bisa memberikan kamu perlindungan dan keamanan. Dengan tidak adanya kepercayaan, hal tersebut tidak mungkin bisa kamu dapatkan. Woodin mengatakan tanpa adanya rasa kepercayaan bahwa pasangan kamu akan berperilaku demi kepentingan terbaik dalam hubungan, tidak akan ada rasa aman.

2. Komunikasi yang buruk
Woodfin menyebut beberapa bentuk komunikasi yang buruk seperti berteriak, penggunaan kalimat yang menyakitkan, melanggar hal-hal yang telah disepakati, serta menggunakan tubuh kamu untuk intimidasi fisik atau kekerasan. Kondisi seperti itu bisa menyebabkan ketegangan dan menciptakan ketidakpercayaan lebih lanjut antara pasangan. Sebaliknya, hubungan yang sehat justru ditandai dengan komunikasi yang terbuka, saling menekan ego, dan menghormati pendapat satu sama lain.

3. Mengendalikan perilaku kamu
Pasangan sebenarnya tidak memiliki hak untuk mengendalikan tindakan atau keyakinan kamu. Menurut Woodfin, salah satu perilaku pengendalian yang harus diwaspadai adalah ketika pasangan mengancam kehilangan sesuatu seperti stabilitas keuangan, waktu dengan anak-anak atau persahabatan.

Beberapa tanda lain di antaranya seperti perlu tau semua yang kamu lakukan dan bersama siapa, menghalangi kamu dari orang-orang di sekitar kamu dan selalu hadir ketika kamu bersama orang lain, hingga mengakses perangkat pribadi kamu seperti telepon atau media sosial.
 

Ilustrasi

Kekerasan fisik adalah salah satu tanda hubungan tidak sehat (Dok.Alex GreenPexels)


4. Sering berbohong
Ketika pasangan berbohong kepada kamu, itu menandakan mereka tidak menghormati kamu sebagai partner yang layak mendapatkan kejujuran dan perhatian. Jika hal itu terus dilakukan dan tidak peduli seberapa kecilnya, bisa mengikis kredibilitas suatu hubungan dari waktu ke waktu. “Berbohong kepada pasangan menunjukkan kesetiaannya hanya untuk diri sendiri, bukan untuk hubungan,“ kata Woodfin.
 
1
2


SEBELUMNYA

TikTok & Sundance Film Festival Bahas Industri Perfilman Indonesia

BERIKUTNYA

Guli Nazha, Aktris & Model Keturunan Uyghur Jadi Wanita Tercantik Asia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: