Guli Nazha. (Dok. Instagram/Gulinazha)

Guli Nazha, Aktris & Model Keturunan Uyghur Jadi Wanita Tercantik Asia

20 September 2021   |   18:34 WIB

Aktris dan model asal China, Guli Nazha atau dikenal sebagai Nazha, merupakan salah satu aktris yang dikenal dengan perannya dalam sejumlah proyek film dan drama China. Akan tetapi, baru-baru ini namanya melejit jelang pengumuman nominasi TC Candler Most Beautiful 100 Faces 2021. Lantas, siapa Guli Nazha?

Guli Nazha atau yang dikenal dengan nama lengkap Gülnezer Bextiyar merupakan figur publik keturunan Uyghur yang aktif berpromosi di China sebagai aktris dan model sejak 2011. Akrab dipanggil dengan beberapa nama mulai dari Gulinazha hingga Coulee Nazha, perempuan kelahiran 1992 ini diketahui merupakan lulusan Beijing Film Academy tahun 2011.

Sebelum berkarir sebagai aktris dan model, Guli Nazha sendiri telah dikenal di akademi film di China tersebut karena kecantikannya hingga dia pernah membawa pulang penghargaan Most Photogenic di usianya ke-16 tahun saat dia berkompetisi untuk menjadi model.

Tapi, kecantikannya mulai dikenal luas hingga akhirnya dia ditarik menjadi artis di bawah agensi atau studio Tangren Media hingga pertengahan 2021.

Sejak debutnya sebagai aktris, Guli Nazha telah dikenal sebagai salah satu aktris yang aktif dalam proyek serial televisi maupun film kolosal mulai dari proyek serial Xuan-Yuan Sword: Scar of Sky dan film Police Story 2013 yang menjadi titik awalnya untuk berkarier di dua medium tersebut.

Semenjak itu, dia lebih banyak dikenal dengan beberapa proyek drama dan film kolosal lainnya, terbaru adalah Dynasty Warriors yang diadaptasi dari gim video dengan judul yang sama.

Tapi dia tidak selalu mengambil proyek drama maupun film kolosal lho! Beberapa proyek terkenal lainnya adalah Fighter of the Destiny bersama Luhan dan City of the Rock yang membuatnya memenangkan penghargaan di kategori Artis Pendatang baru dalam ajang Penghargaan Huading pada 2018.

Kepopulerannya dalam sejumlah proyek serial televisi dan film membuatnya memiliki banyak pengikut di media sosial Sina Weibo dengan jumlah pengikut sebesar 21 juta orang dan memiliki sejumlah drama dengan rating televisi tertinggi sepanjang 2021 melalui drama Weaving A Tale Of Love.

Selain di bidang hiburan, dia juga populer dengan tawaran promosi merek-merek ternama untuk produk lokal dan internasional seperti merek kosmetik Chando, Shu Uemura, hingga merek pakaian Fendi, Alexander McQueen, merek perhiasan Qeelin, dan merek alas kaki perempuan asal Italia Sergio Rossi.

Sebagian Genhype mungkin tidak menyadarinya tapi Guli Nazha sempat populer pada 2019 saat menghadiri acara penghargaan musik Mnet Asia Music Awards pada 2019 di mana dia mengaku bahwa dia menyukai BTS dan menantikan penampilan boy group tersebut dengan antusias. Bahkan dia sempat bercerita dalam sebuah wawancara tahun 2019 kalau dirinya sempat grogi karena bisa melihat BTS saat berlatih dari ruangan tata riasnya.

Hingga saat ini, Guli Nazha yang telah berpindah agensi ke Hesong Media disibukkan dengan beberapa proyek serial televisi seperti film The Stolen Tomorrow yang rilis pada 2022 serta serial drama Chang Ling dan Incomparable Beauty yang jadwal perilisannya belum diketahui.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini 7 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship

BERIKUTNYA

8 Film Pilihan Ini Bakal Tayang di Sundance Film Festival: Asia 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: