Ilustrasi anak makan sayuran. (Dok. Alex Green dari Pexels)

7 Tips Membuat Anak Suka Makan Sayuran

18 September 2021   |   08:34 WIB

Sayuran merupakan salah satu makanan yang sulit disukai anak-anak karena rasa dan teksturnya yang cenderung tidak cocok untuk lidah mereka. Akan tetapi, sayuran yang mengandung sejumlah gizi baik berupa serat dan vitamin tentu dibutuhkan tubuh, sehingga bahan ini sangat penting untuk dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari.

Oleh karena itu, tujuh kiat ini bisa bantu Genhype untuk membuat si kecil untuk termotovasi untuk makan sayur-sayuran.

1. Biarkan anak terlibat di dalam pemilihan dan persiapan makanan
Keterlibatan bisa membuat mereka lebih termotivasi untuk makan sayuran, karena dengan begitu mereka tidak merasa hanya dicekoki, tapi memilih secara aktif untuk dirinya sendiri. Ini juga bisa membangun rasa tanggung jawab terhadap apa yang telah mereka pilih.

2. Siapkan sayuran dengan variasi jenis dan olahan
 

Ilustrasi anak menyiapkan makanan. (Dok. Jason Rosewell dari Unsplash)

Ilustrasi anak menyiapkan makanan. (Dok. Jason Rosewell dari Unsplash)

Dalam menyiapkan sayuran, penting bagi Genhype untuk membuat sayuran sebagai makanan yang ramah anak melalui potongan yang pas saat dikonsumsi dan variasi sayuran yang ada di atas piring. Untuk pemotongan, usahakan Genhype bisa membuat sayuran mudah dikonsumsi dengan ukuran yang pas di mulut.

Sementara itu, untuk variasi sayuran kombinasikan sayuran yang biasa dikonsumsi dengan sayuran yang baru si kecil temui serta kombinasikan beberapa sayuran dengan variasi warna sehingga dia tidak akan bosan dengan variasi sayuran yang ada.

3. Pakai variasi metode memasak
Dalam menyiapkan sayuran, Genhype harus mengenal berbagai macam teknik masak supaya si kecil enggak bosan dengan sayuran. Selaiin mengukusnya, Genhype juga bisa menjadikan beberapa sayuran sebagai olahan baru seperti tumisan, sup dengan tambahan bola-bola ikan, dipanggang, dijadikan salad, sup berbentuk puree, dan lain-lain.

Jika ingin membuat sesuatu yang menarik, coba buat olahan kue atau camilan dari sayur, misalnya muffin dari zucchini, kue dari labu, sorbet dari timun, dan jus atau smoothie sayuran yang dicampur dengan buah-buahan.
1
2


SEBELUMNYA

Tablet Xiaomi Pad 5 Diperkenalkan, Cek Spesifikasi & Harganya

BERIKUTNYA

Ingin Jadi Presenter Sukses? Kisah Brigita Manohara Bisa Jadi Inspirasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: