Ilustrasi konseling. (Dok. mentatdgt dari Pexels)

Grief Counseling, Konseling yang Kini Dibutuhkan saat Pandemi Covid-19

09 September 2021   |   20:56 WIB

Setelah mengenal bagaimana konseling kedukaan bekerja, lantas bagaimana cara kerjanya? Dian menjelaskan bahwa konseling kedukaan sendiri umumnya dilakukan dengan beberapa tahapan, mulai dari pemberian informasi tentang tahapan kedukaan, pemberian dukungan, hingga proses asistensi dalam penerimaan pengalaman duka melalui rangkaian ritual dengan durasi waktu tertentu.
 

ilustrasi konseling/Freepik

ilustrasi konseling/Freepik

"Tidak perlu prosesi doa 3 harian, namun bisa misalnya selama 3 hari sampai dengan 7 hari berturut-turut melakukan sesuatu yang bermakna yang biasanya dilakukan bersama alm. Misalnya saja biasanya jalan pagi, ya coba jalan pagi sebagai tribut, atau minum teh sore sebagai penghargaan kita pada alm dan kita mendoakan alm melalui teh yang kita minum," jelasnya.

Konseling kedukaan pada akhirnya bisa menjadi salah satu bantuan dari pihak lain dalam penanganan kedukaan yang sulit diatasi, tapi enggak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada ahli profesional jika Genhype dirasa sulit untuk mengatasi keduakaan ini, apalagi di masa pandemi Covid-19 yang membuat Genhype lebih sadar tentang kematian yang terjadi di lingkungan sekitar.

Editor: M R Purboyo
1
2


SEBELUMNYA

3 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah, Banyak Gerak Yuk

BERIKUTNYA

Pencarian Kebenaran di Balik Pembunuhan Misterius dalam Teaser Drama Hometown

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: