Menteri Perdagangan Budi Santoso (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Pemerintah Berharap Nilai Transaksi Harbolnas 2024 Tembus Rp40 Triliun

12 December 2024   |   21:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pemerintah berharap nilai transaksi dari hari belanja nasional dapat mencapai sekitar Rp40 triliun pada tahun ini atau lebih tinggi sekitar Rp14,3 triliun jika dibandingkan dengan pencapaian pada 2023, yakni Rp25,7 triliun. Nilai transaksi di ajang hari belanja online nasional memiliki tren peningkatan setiap tahunnya. 

Menteri Perdagangan Budi Santoso mengatakan bahwa nilai transaksi hari belanja online nasional telah mengalami peningkatan lebih dari 100 persen pada 2023 jika dibandingkan dengan 2019.

“Jika tahun lalu nilai transaksinya Rp25,7 triliun, diharapkan pada tahun ini bisa naik Rp40 triliun,” ujarnya di Jakarta pada Kamis, (12/12/2024).

Baca juga:  Riset Compas.co.id: Nilai Transaksi Harbolnas 2024 Diprediksi Capai Rp6,7 Triliun

Dia mengatakan bahwa kontribusi transaksi produk lokal pada hari belanja online nasional mencapai Rp12,3 triliun atau sekitar 48,1 persen dari total transaksi pada 2023.

Dia juga menilai bahwa platform e-commerce pada saat ini memiliki peran penting dalam membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menjual produk yang dihasilkan. Menurutnya, tanpa kehadiran e-commerce, pelaku UMKM akan mengalami kesulitan menjajakan produk yang dimiliki.

Kehadiran e-commerce membuat pembeli dari mana saja dapat menjangkau penjual yang juga berada dari berbagai daerah tanpa harus datang langsung ke tempat yang berjualan.

Pembeli dapat tetap mengetahui kondisi barang yang dijual meskipun tidak berada di tempat penjual. Selain itu, keberadaan live shoping dari e-commerce juga membuat pembeli dapat berinteraksi langsung dengan penjual.

Dia menambahkan, hari belanja online nasonal juga menjadi salah satu cara meningkatkan atau memberdayakan UMKM. Menurutnya, daya beli masyarakat pada akhir tahun biasanya mengalami peningkatan.

“Banyak orang belanja untuk persiapan Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Director of Tokopedia dan TikTok E-Commerce Melissa Siska Juminto mengatakan bahwa di Tokopedia dan ShopTokopedia terdapat puluhan juta penjual.

Dari total tersebut, mayoritas adalah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Dia mengeklaim bahwa platform Tokopedia dan ShopTokopedia telah memberikan dampak positif terhadap pelaku usaha lokal yang ada di dalamnya.

Salah satu riset juga menunjukkan bahwa UMKM yang memiliki akun di Tokopedia dan ShopTokopedia mengalami kenaikan penjualan hingga 118 persen sepanjang 2024.

Baca juga: ChatGPT Down, Gangguan Global Layanan OpenAI di Tanggal Harbolnas 12.12

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Hyundai Luncurkan All-New Kona Electric N Line, Ini Spesifikasi Terbarunya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: