Produk NAS dari Synology/Repro

Berbagi Berkas Lebih Hemat dengan Network Attached Storage

29 August 2021   |   13:35 WIB

Like
Kegunaan NAS
Seperti sudah disebut sebelumnya, fungsi pertama NAS adalah sebagai file server. Dalam hal ini, kita bisa mengintegrasikan NAS ke dalam sistem operasi komputer pribadi  seperti Windows, macOS, Linux.

Data yang tersimpan dalam NAS akan tampil sebagai folder tersendiri dari dalam komputer yang berada di jaringan lokal rumah atau kantor Anda. Folder ini dapat  diatur untuk diakses orang lain untuk berbagi berkas.

Beberapa jenis NAS saat ini juga menyediakan antarmuka web untuk berbagi berkas sebagai alternatif.
 

contoh NAS dari Western Digital

contoh NAS dari Western Digital



Kegunaan lain adalah backup data secara berkala. Seperti fungsi file server, backup data ini biasanya harus terintegrasi dengan sistem operasi komputer.

Pada umumnya pembuat NAS sudah menambahkan berbagai fitur tambahan. Anda misalnya bisa memfungsikan NAS sebagai server streaming musik dan video di jaringan lokal.

Beberapa pembuat NAS juga menambahkan fitur lain, sehingga NAS bisa difungsikan sebagai mail server (mengirim dan menerima surat elektronik), dan web server (menampung situs web pribadi).

Ada pula produk yang menyediakan fitur sehingga perangkat ini bisa diakses dari mana saja (tidak hanya di jaringan lokal). Artinya, NAS bisa digunakan untuk keperluan komputasi awan pribadi (personal cloud).

Editor: M R Purboyo
1
2


SEBELUMNYA

Kandungan Metal Bikin Warna Cat Rambut Tidak Sesuai Ekspektasi

BERIKUTNYA

Anda Pengguna VPN? Hindari Kesalahan Saat Memanfaatkannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: