berbagi aplikasi dari Google play store

Mengoptimalkan Bluetooth untuk Berbagi Berkas dengan Nearby Share

03 March 2022   |   13:21 WIB

Berbagi berkas dan foto dengan orang lain bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai lewat surel, pesan instan (seperti WhatsApp), atau menggunakan layanan penyimpanan daring. Transfer data itu efektif dilakukan untuk jarak dengan penerima berkas tersebut cukup jauh.

Namun bila teman Anda itu kebetulan berada di dekat Anda, menggunakan semua aplikasi tersebut sebenarnya tidak efisien, karena harus ditransfer terlebih dahulu menggunakan perantara. Kenapa tidak mengirimnya secara langsung saja?

Sebenarnya kita bisa menggunakan sambungan Bluetooth untuk mengirimkan berkas dan data lain tanpa harus menggunakan sambungan internet. Namun fitur Bluetooth ini cukup merepotkan untuk digunakan. Karena itu, Google menyediakan fitur Nearby Share di Android untuk memudahkan transfer data lewat Bluetooth.

Aktivasi

Bila Anda memiliki ponsel Android 6.0 atau lebih baru, kemungkinan besar fitur Nearby Share sudah terintegrasi. Pastikan bahwa sistem operasi dan Google Play Store sudah diperbarui ke versi terbaru.

Fitur ini bisa jadi sudah diaktivasi. Untuk memeriksanya, buka menu Settings, lalu pilih opsi Google services and preferences, lalu pilih Devices & sharing. Di sana tersedia menu Nearby Share. Bila ternyata belum aktif, Anda bisa menghidupkan fitur Nearby Share di opsi ini.

Setelan yang penting di sini adalah mengatur nama perangkat. Nama perangkat ini sebaiknya bisa dikenali oleh teman dan rekan Anda (misalnya, “Ponsel Joni”).

Kita tentunya tidak ingin menerima data dari sembarang orang. Ini bisa diatur dari opsi Device visibility. Secara default, perangkat hanya akan terlihat oleh orang-orang yang berada di dalam buku alamat (contacts) Anda.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengatur agar perangkat bisa dilihat oleh sembarang orang (“Everyone”) atau sama sekali tersembunyi (“Hidden”).
 
Sharing berkas dari aplikasi Files/tangkapan gambar

Berbagi Data

Berbagi berkas dan data lainnya bisa dilakukan menggunakan menu berbagi (“Share”) yang terintegrasi pada semua aplikasi Android. Bedanya, bila sebelumnya Anda berbagi ke surel atau ke aplikasi chat, kali ini target fitur berbagi adalah “Nearby Share”.

Secara umum kita bisa berbagi berkas dari semua aplikasi yang mengintegrasikan fitur sharing berkas. Namun di sini kita akan melihat contoh dari aplikasi pengelola berkas Android, Files. Dari aplikasi ini kita bisa menjelajahi isi ponsel Android dan berkas-berkas yang tersimpan di dalamnya.

Aplikasi Files sendiri punya fitur berbagi berkas sendiri, tetapi kita akan memilih berbagi dengan fitur Nearby Share. Pastikan bahwa perangkat penerima juga sudah mengaktifkan fitur ini.

Setelah memilih untuk berbagi dengan Nearby Share, perangkat Android Anda akan mencari perangkat lain yang berada di sekitarnya. Pilih perangkat yang diinginkan.

Perangkat sasaran akan mendapatkan pemberitahuan bahwa Anda meminta izin untuk mentransfer berkas. Untuk memastikan keamanan transfer, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi PIN (personal identification number). Transfer akan dilakukan lewat Bluetooth atau Wi-Fi, sesuai kebutuhan.

Menariknya, Nearby Share juga bisa digunakan untuk mentransfer aplikasi dari Google Play Store. Ini bisa bermanfaat untuk merekomendasikan suatu aplikasi ke teman atau keluarga tanpa harus menggunakan konektivitas seluler, atau bila Anda ingin memindahkan aplikasi dari suatu perangkat ke perangkat lain.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Asyik, Film West Side Story Tayang di Disney+

BERIKUTNYA

Thai Lion Air Siap Terbang Rute Indonesia – Thailand pada 10 Maret 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: