Ilustrasi (Photo by Polina Kovaleva from Pexels)

10 Tips Natural untuk Tidur Nyenyak

26 August 2021   |   23:25 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id


4. Jangan merokok.
Satu  studi menemukan, perokok empat kali lebih mungkin untuk lebih mudah kelelahan bahkan setelah tidur malam dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins mengaitkan ini dengan efek stimulatif nikotin dan efek withdrawal nikotin di malam hari.

Merokok juga memperburuk sleep apnea dan gangguan pernapasan lainnya seperti asma, yang dapat membuat sulit untuk tidur nyenyak.

5. Hindari minum-minuman beralkohol.
Alkohol mengganggu pola tidur dan gelombang otak yang membantu kita merasa segar di pagi hari. Menurut Mayo Clinic, segelas martini memang dapat membantu kita tertidur pada awalnya, tetapi begitu efeknya habis, akan sulit untuk kembali tidur.

6. Non-aktifkan semua gawai.
Survei National Sleep Foundation (NSF) menemukan bahwa hampir semua peserta menggunakan beberapa jenis gawai, seperti televisi, komputer, video game, atau ponsel, dalam satu jam terakhir sebelum tidur. Itu ide yang buruk. Cahaya dari perangkat ini merangsang otak, membuatnya lebih sulit untuk beristirahat.

Singkirkan gadgetmu satu jam sebelum waktu tidur untuk tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak.

 

Ilustrasi ( dok Victoria Heath/Unsplash)

Ilustrasi ( dok Victoria Heath/Unsplash)


7. Tidur tanpa disrupsi.
Satu penelitian yang dilakukan oleh dokter John Shepard dari Mayo Clinic menemukan bahwa 53 persen pemilik hewan peliharaan yang tidur dengan hewan peliharaannya mengalami gangguan tidur setiap malam. 
Dan lebih dari 80 persen orang dewasa yang tidur dengan anak-anak mengalami kesulitan mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Hewan peliharaan dan anak-anak bisa mendominasi tempat tidur dan menyebabkan kami justru terjaga setiap malam.Setiap orang berhak mendapatkan ruang tidur mereka sendiri, jadi sebisa mungkin pindahkan hewan peliharaan dan anak-anak dari tempat tidurmu.

8. Atur suhu ruangan agar tidak terlalu panas.
Cuaca yang panas cocoknya ketika sedang bermain di pantai, bukan untuk di dalam kamar. NSF merekomendasikan suhu sekitar 20-23 derajat Celcius yang ideal karena akan mengurangi suhu tubuh inti dan membantumu tertidur lebih cepat dan lebih lelap.

9. Kurangi pencahayaan yang terlalu terang.
Cahaya memberi tahu otak kita bahwa sudah waktunya untuk bangun, jadi buatlah kamarmu segelap mungkin untuk tidur. Bahkan cahaya dari ponsel atau komputer dapat mengganggu produksi melatonin (hormon yang membantu mengatur siklus tidur) dan kualitas tidur secara keseluruhan.

10. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur.
Tempat tidur harus digunakan hanya untuk tidur, bukan tempat bekerja, makan, atau menonton TV. Jika kalian bangun di malam hari, hindari menyalakan laptop atau TV dan lakukan sesuatu yang menenangkan seperti bermeditasi atau membaca sampai merasa mengantuk lagi. 



Editor: Roni Yunianto 

 
1
2


SEBELUMNYA

Warner Bros Ungkap Trailer 'Matrix 4' di CinemaCon

BERIKUTNYA

Jaga Kesehatan Mental dengan Melakukan 5 Hal Berikut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: