Ilustrasi (Photo by Polina Kovaleva from Pexels)

10 Tips Natural untuk Tidur Nyenyak

26 August 2021   |   23:25 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Kalau Genhype sering kesulitan untuk terlelap di malam hari, bahkan setelah hari yang panjang dan melelahkan, kalian tidak sendirian. Saat ini ada banyak cara untuk membantu kita tertidur mulai dari lilin aromaterapi, white noise machine, sprei dari sutra, selimut berat hingga obat tidur.

Satu survei yang dilakukan oleh SleepScore Labs pada 2017 terhadap 25.000 orang menganalisis data dari dua juta malam dan menemukan bahwa 75 persen orang tidur kurang dari tujuh jam setiap malam. Setengah dari peserta bahkan melaporkan menggunakan dua atau lebih alat bantu tidur seperti suplemen herbal setiap malam.

Masalahnya, obat-obatan atau suplemen jika dikonsumsi dalam waktu lama dapat memicu efek samping, seperti membuat kita mengantuk di siang hari. Kabar baiknya, sekarang sangat mungkin bagi kita untuk terlelap tanpa menggunakan bantuan obat-obatan.

Namun jika cara ini tidak berhasil karena alasan medis, akan lebih baik jika kalian berkonsultasi dengan dokter. “Orang yang menderita insomnia kronis biasanya membutuhkan solusi jangka panjang untuk masalah mereka. Namun, mereka yang mengalami masalah intermiten, dapat menggunakan perbaikan jangka pendek,” kata Mark Buchfuhrer, Direktur Medis Comprehensive Sleep Center di Rumah Sakit Good Samaritan, Los Angeles, AS.

Manfaat tidur yang cukup ada banyak dari kesehatan jantung yang lebih baik, lebih sedikit stres hingga peningkatan memori dan penurunan berat badan. Yuk, kurangi mengonsumsi kafein atau tidur di jam-jam yang tidak beraturan dan gunakan tips berikut ini untuk membantu kalian tidur nyenyak dan mengelola kesehatan dengan baik.
 

Ilustrasi (Photo by Polina Kovaleva from Pexels)

Ilustrasi (Photo by Polina Kovaleva from Pexels)


1. Tidur teratur.
Duh, siapa sih yang enggak suka bersantai di hari Sabtu dengan bangun lebih siang atau tidur di waktu sore? Akan tetapi, tidur siang terlalu lama berpotensi mengganggu jam biologis dan menyebabkan banyak masalah tidur.

Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam, bahkan di akhir pekan atau hari libur lainnya. Cara ini dapat membantu tubuh secara biologis mengatur sendiri waktu tidur dan bangun yang lebih teratur dan berkualitas.

2. Banyak bergerak.
Para peneliti di Departemen Neurobiologi dan Fisiologi Universitas Northwestern melaporkan bahwa orang dewasa yang sebelumnya tidak banyak bergerak, lalu berolahraga rutin empat kali sepekan, mengalami peningkatan kualitas tidur.

Para couch potato juga melaporkan lebih sedikit gejala depresi, lebih banyak vitalitas, dan jarang mengantuk di siang hari. Kalau Genhype ingin berolahraga sebelum tidur, pastikan sesinya berakhir beberapa jam sebelum jam tidur malam agar adrenalin tidak menyulitkan kalian untuk terlelap.

3. Ubah pola makan.
Kurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, makanan ringan dan cokelat di sore hari, Atur porsi makan malam seringan mungkin dan makanlah beberapa jam sebelum tidur. Hindari juga makanan pedas dan berat pada karbohidrat atau minyak yang bisa membuat kita terjaga akibat gangguan pencernaan.

.

 
1
2


SEBELUMNYA

Warner Bros Ungkap Trailer 'Matrix 4' di CinemaCon

BERIKUTNYA

Jaga Kesehatan Mental dengan Melakukan 5 Hal Berikut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: