Ilustrasi rutinitas skin care. (Dok. EKATERINA BOLOVTSOVA dari Pexels)

Ikuti 4 Langkah Perawatan Rutin agar Kulit Lebih Sehat

23 August 2021   |   17:30 WIB

Memiliki kulit sehat ternyata enggak sekadar menjaga pola makan yang sehat dan konsisten dalam mengonsumsi air putih, tapi juga penting juga untuk menjaga kebersihannya dengan rangkaian pembersihan wajah yang aman dan memberi nutrisi lebih pada kulit.

Untuk itu, Genhype perlu mengikuti empat langkah wajib dalam perawatan kulit wajah atau skin care yang harus ada dalam rutinitas perawatan sehari-hari.

1. Pembersihan wajah.
 

Ilustrasi rutinitas skin care. (Dok. engin akyurt dari Unsplash)

Ilustrasi pembersihan wajah. (Dok. engin akyurt dari Unsplash)

Langkah pertama dalam perawatan wajah yang harus ada adalah membersihkan wajah. Pembersihan ini bisa dimulai dengan menggunakan larutan pembersih seperti kombinasi cleansing milk dan toner atau menggunakan micellar water.

Selain sebagai langkah awal untuk membersihkan wajah dari debu, kotoran, dan sel kulit mati, pembersihan wajah juga bisa memberikan hidrasi pada kulit. Sebaiknya langkah ini dilakukan saat pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum mandi.


2. Eksfoliasi
 

Ilustrasi rutinitas skin care. (Dok. Monstera dari Pexels)

Ilustrasi eksfoliasi dengan scrub. (Dok. Monstera dari Pexels)

Proses eksfoliasi merupakan langkah perawatan wajah yang bisa dilakukan maksimal dua kali sepekan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu membuang sel kulit mati di lapisan terluar kulit wajah yang belum terangkat dari proses pembersihan wajah.

Enggak hanya membersihkan, eksfoliasi juga bisa meningkatkan sirkulasi darah, mencerahkan, dan meningkatkan penampilan wajah. Produk eksfoliasi yang umum digunakan dalam rutinitas ini adalah scrub atau serum AHA.


3. Tabir surya
 

Ilustrasi rutinitas skin care. (Dok. National Cancer Institute dari Unsplash)

Ilustrasi tabir surya. (Dok. National Cancer Institute dari Unsplash)

Meski di satu sisi tabir surya kadang membuat kulit wajah menjadi kurang nyaman, tapi ternyata produk yang satu ini penting untuk kesehatan kulit lho! Sebagai krim untuk menambah lapisan pelindung dari sinar matahari dan cahaya biru, tabir surya yang mengandung UVA dan UVB bisa diaplikasikan sebelum merias wajah.

Penggunaan tabir surya yang disarankan adalah tepat sebelum aktivitas luar ruangan dengan aplikasi ulang setidaknya setiap dua jam atau 4-5 jam sekali sesuai dengan kebutuhan.


4. Serum
 

Ilustrasi tabir surya. (Dok. Content Pixie dari Unsplash)

Ilustrasi serum. (Dok. Content Pixie dari Unsplash)

Produk yang satu ini biasanya ditemui di pasaran dengan berbagai variasi dan fungsi, tetapi tujuan umumnya adalah untuk membuat kulit lebih lembap dan lebih cerah. Inilah mengapa pemilihan serum harus memperhatikan kondisi dan kebutuhan kulit sehingga produk bisa sesuai dan bekerja dengan baik.

Rekomendasi kandungan dalam serum yang dibutuhkan kulit adalah asam hyaluronik untuk kelembapan wajah serta niacinamide untuk kulit yang halus dan cerah.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Tips Menciptakan Suasana Jadul di Rumah dengan Dekorasi Barang Antik

BERIKUTNYA

Aryo Adhianto & Sandy Winarta Gelar Konser Eksperimental Kontemporer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: