Press Conference Jakarta Coffee Week 2024 (Sumber gambar: Dok. Jacoweek 2024)

Jakarta Coffee Week 2024 Kembali Digelar, Fokus Rayakan Budaya Kopi Spesialti

25 October 2024   |   22:26 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Merayakan keberagaman dunia kopi kaum urban, Jakarta Coffee Week 2024 (Jacoweek) akan kembali digelar pada 1-3 November 2024. Bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Hall 5, agenda tahun ini sekaligus menandai perayaan ke-9 dari Jacoweek 2024. Menariknya, tahun ini Jacoweek berfokus untuk merayakan budaya kopi spesialti di Indonesia.

Acara ini mengusung tema Celebration, sebagai bentuk penghargaan kepada semua pelaku industri kopi, mulai dari petani, barista, hingga penikmat kopi. Tema ini mencerminkan kemajuan industri kopi Indonesia yang semakin mengukuhkan diri di kancah internasional.

Baca juga: Peneliti: Minum Kopi 2-3 Cangkir per Hari Kurangi Risiko Penyakit Jantung hingga Stroke

Sejak 2003, Indonesia sendiri telah meraih berbagai prestasi di kompetisi kopi dunia, termasuk menjadi juara di beberapa kejuaraan barista. Selain sumber daya yang unggul, popularitas kopi lokal juga terus meningkat. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa kopi robusta, khususnya yang tidak digongseng tetap menjadi komoditas unggulan dengan permintaan yang terus naik.

Co-Founder Jakarta Coffee Week Hendri Kurniawan mengatakan, Jacoweek berfungsi sebagai platform untuk mempertemukan berbagai pihak dalam industri kopi baik lokal maupun internasional. "Tahun ini, kami ingin menyebarkan semangat selebrasi ini, mengingat perjalanan panjang yang telah kita lalui dalam industri kopi," ujar Hendri.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang berkumpulnya para pelaku industri, tetapi juga menyediakan berbagai kegiatan menarik bagi pengunjung. Beberapa kompetisi yang akan digelar meliputi Tarung Tiga, Nordic Roasting Challenge, dan Jacoweek Cup of The Year. Dengan lebih dari 168 brand yang terlibat, pengunjung dapat menikmati pengalaman satu atap dalam dunia kopi dan teh.

Tahun ini, Jacoweek 2024 juga akan menghadirkan berbagai aksi seru, kolaborasi inovatif, dan beragam eksibisi dari pelaku industri kopi Indonesia. Salah satu daya tarik utama Jacoweek adalah Coffee Bar experience, di mana pengunjung bisa menikmati kopi yang disajikan oleh para juara kompetisi kopi nasional dan internasional. Ini adalah kesempatan bagi para pecinta kopi untuk merasakan cita rasa kopi berkualitas tinggi langsung dari ahlinya.

Chairman Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Daryanto Witarsa menekankan bahwa tema selebrasi ini mencerminkan semangat industri kopi yang ingin berkontribusi lebih besar di kancah global. Ini juga bagian persiapan untuk World of Coffee Jakarta yang akan berlangsung pada Mei 2025. Jacoweek 2024 diharapkan dapat makin meningkatkan reputasi Indonesia di dunia kopi global.

"Harapan kami, dengan menjadi tuan rumah dari World of Coffee Jakarta, nama Indonesia akan semakin harum di mata dunia, dimana bukan hanya kualitas kopinya saja yang diakui namun juga para talenta berbakat yang ada di industri kopi ini,” ungkap Daryanto.

Baca juga: Sejarah dan Makna Hari Kopi Internasional 1 Oktober

Sebagai informasi, Jakarta Coffee Week pertama kali diadakan pada 2016. Sejak pertama dilangsungkan, agenda ini berfokus pada acara perayaan gaya hidup kopi spesialti tahunan yang melibatkan para penikmat kopi, barista dan ahli kopi terbaik, merek-merek kopi lokal yang paling terkemuka, produsen dan distributor mesin-mesin kopi, bahkan petani-petani kopi dari berbagai daerah di Indonesia. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Balinale Dapat Pengakuan Sebagai Festival Film Berkualifikasi Oscar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: