Ilustrasi kopi (Sumber gambar: Chevanon Photogra/Pexels)

Asyik, Penikmat Kopi Bakal Dimanjakan di Jakarta Coffee Week 2022

08 November 2022   |   20:17 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Buat kalian penggemar dan penggiat kopi, bersiap menyambut ajang festival kopi, Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2022 di Jakarta pada akhir pekan ini. Acara yang mewadahi para penikmat kopi ini memfasilitasi para petani, barista, penggiat kopi, hingga para pencinta kopi di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, kopi merupakan salah satu komoditas yang menjadi primadona dalam beberapa tahun belakangan karena penggemarnya yang terus meningkat. Bahkan, Indonesia masuk dalam 10 besar negara yang paling banyak mengonsumsi kopi di dunia. Menurut Data International Coffee Organization (ICO), jumlah kopi yang dikonsumsi masyarakat Indonesia bisa mencapai 5 juta kantong berukuran 60 kilogram. 

Baca juga: Ternyata untuk Menikmati Kopi, Ada Banyak Proses yang Harus Dilewati

Seiring dengan semarak dan antusias penggemar kopi di Tanah Air, para penggiat kopi pun semakin banyak. Industri kopi dimulai dari biji kopi yang ditanam petani ini semakin dilirik. Untuk itulah, acara Jakarta Coffee Week 2022 bermaksud mewadahi para penggiat kopi untuk merasakan pengalaman bersama dalam menciptakan industri kopi yang berkelanjutan.

Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2022 ini dilangsungkan sebagai perayaan acara tahunan kultur kopi spesialti terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Livin’ Mandiri. Dengan tema Brewing for Sustainable Future, Jakarta Coffee Week 2022 akan berlangsung di City Hall Pondok Indah Mall 3, Jakarta pada 11-13 November 2022.

Acara ini turut menghadirkan rangkaian kegiatan untuk mengedukasi masyarakat mengenai industri kopi. Hendri Kurniawan, Co-Founder Jakarta Coffee Week menyebut acara ini juga diadakan sebagai langkah membuka kolaborasi antara para penggiat kopi mulai dari petani hingga produsen dan distributor mesin kopi.

“Pelaku industri kopi harus saling membantu dan berkolaborasi untuk mengedukasi masyarakat mengenai industri kopi agar keberlangsungannya tetap terjaga,” kata Hendri.
 

Press Conference Jakarta Coffee Week 2022 (Sumber gambar: Dok.Jacoweek)

Press Conference Jakarta Coffee Week 2022 (Sumber gambar: Dok.Jacoweek)


Dalam penyelenggaraannya, Jakarta Coffe Week 2022 akan menjadi wadah bagi setiap penggiat kopi untuk memperlihatkan keahlian dan mempromosikan biji kopi pilihan hingga alat-alat pembuatan kopi. Lebih jauh, Jakarta Coffee Week tahun ini siap mempekenalkan bahan pelengkap hingga makanan pendamping yang cocok dengan minuman kopi.

AJANG KOMPETISI
Selain sebagai ajang promosi, akan ada beberapa kompetisi menarik yang bisa diikuti penggiat kopi. Kompetisi pertama adalah Tarung Tiga, di mana kompetisi ini akan mempertandingkan manual brewing yang khas dari para pemenang di kompetisi lokal di kota Medan, Bandung, dan Surabaya.

Kemudian, ada kompetisi Jacoweek Cup of The Year yang merupakan pertandingan green bean dengan target produk pilihan dari petani kopi Indonesia yang penilaiannya akan dilakukan langsung oleh pengunjung yang hadir melihat biji kopi terbaik.

Baca juga: Cerita Eksploitasi Diungkap Kritis dalam Novel Babad Kopi Parahyangan & Stains On My Khanga

Para pencinta kopi juga bisa menyaksikan program Bicara Kopi yang merupakan kegiatan talkshow dan diskusi panel untuk mengedukasi masyarakat tentang kopi dalam topik yang beragam. Dalam pelaksanaAnnya, Jakarta Coffee Week 2022 juga menggandeng Saka Dala untuk membantu memastikan standar dan kualitas kopi terbaik selama acara.

“Di Jakarta Coffee Week 2022, kami berperan dalam menjembatani petani kopi untuk bisa memperkenalkan biji kopi dari kebunnya kepada pasar yang tepat dengan cara menemui langsung para calon pembelinya di acara ini,” kata Veronica selaku Co-Founder Saka Dala Social Enterprise.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sekuel Film Enchanted, Disenchanted akan Tayang 18 November di Disney+ Hotstar

BERIKUTNYA

Tetap Waspada, Ini Fase Anak Mengalami Gagal Ginjal Akut yang Harus Segera Ditangani Dokter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: