Kopi Hitam (Sumber foto: Pexels/Pixabay)

Kopi Hitam Tanpa Gula, Lebih dari Sekadar Minuman Pagi

29 June 2024   |   14:00 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Menikmati kopi modern dengan tambahan berbagai pemanis dan rasa, kini telah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Akan tetapi banyak yang belum tahu bahwa kopi hitam tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya dapat memberikan manfaat kesehatan. 

Mengonsumsi kopi hitam murni, tanpa campuran apa pun, dapat membantu kalian merasakan manfaat penuh dari kandungan kafein, antioksidan, dan senyawa bermanfaat lainnya yang terkandung di dalam biji kopi. Kopi hitam tanpa gula juga dapat membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi risiko penyakit jantung, dan bahkan mendukung fungsi kognitif kalian.

Mengutip dari situs thehealthy, kopi hitam tanpa gula dapat mendukung kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan, serta meningkatkan fungsi pembuluh darah. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi hitam secara moderat terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung dan strok.  

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Kopitiam dengan Coffee Shop 

Penelitian juga menunjukkan bahwa kafein dalam kopi hitam dapat memberikan manfaat kognitif yang signifikan. Mengonsumsi kopi hitam tanpa gula dapat membantu kalian meningkatkan fokus dan memori, dan memperlambat penurunan kognitif yang sering terjadi seiring bertambahnya usia.

Kafein bekerja dengan merangsang sistem saraf pusat, yang tidak hanya meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi tetapi juga memengaruhi jalur neurotransmitter yang terkait dengan pembelajaran dan memori. Hal ini menjadikan kopi hitam sebagai minuman yang bermanfaat tidak cuma untuk memulai hari dengan energi, tetapi untuk menjaga kesehatan otak dalam jangka panjang.

Kopi hitam tanpa gula juga bisa menurunkan berat badan. Kandungan kafein yang terkandung dalam kopi hitam dapat membantu mengontrol berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh dan mendorong pembakaran lemak. 
 

Kopi hitam (Sumber gambar: Unsplash/Rima Kruciene)

Kopi hitam (Sumber gambar: Unsplash/Rima Kruciene)

Dr. Gracia Fensynthia dalam laman AloDokter mengatakan bahwa mengonsumsi kopi hitam tanpa gula tidak akan menambah asupan gula dalam tubuh. "Oleh karena itu, jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, tidak ada salahnya meminum kopi hitam tanpa gula,” tulisnya.
 
Genhype dapat menikmati kopi murni tanpa perlu khawatir tentang adanya efek samping yang mungkin timbul akibat konsumsi berlebihan. Untuk itu, alangkah baiknya kalian membatasi minum kopi hingga 400 miligram per hari, atau yang setara dengan sekitar empat cangkir kopi.

Namun, perlu diingat juga, bagi ibu yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi kopi hingga tidak lebih dari 200 miligram per hari, atau yang setara dengan dua cangkir kopi, demi menjaga kesehatan diri dan janin yang dikandung. 

Baca juga: Penikmat Kopi Wajib Tahu, Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Mainan Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!

BERIKUTNYA

Jadwal Meet and Greet Ultraman The Hero Premiere 2024, Nostalgia Pahlawan Masa Kecil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: