Candi Borobudur terletak di Magelang (Sumber foto: Freepik)

5 Destinasi Wisata Magelang, Candi Borobudur sampai Kebun Raya Gunung Tidar

25 October 2024   |   10:07 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Magelang adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang dikenal sebagai destinasi wisata dengan pemandangan alam memukau, serta peninggalan sejarah dan budayanya yang kaya. Memiliki daya tarik sebagai kota wisata, sepanjang tahunnya Magelang kerap dikunjungi turis lokal dan mancanegara. 

Wilayah ini menawarkan keindahan alam dengan pemandangan gunung-gunung megah seperti Gunung Merapi, Merbabu, dan Sumbing. Selain itu, Magelang juga memiliki destinasi wisata ikonik seperti Candi Borobudur, salah satu warisan budaya dunia. Nah Genhype, berikut sejumlah destinasi wisata di Magelang yang wajib dikunjungi saat liburan. 

Baca juga: Cicipi 8 Kuliner Khas Magelang, Sup Senerek hingga Mangut Beong
 

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu candi Buddha terbesar di dunia dan menjadi ikon wisata Indonesia. Terletak di Kecamatan Borobudur, candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Syailendra. Keunikan Borobudur terletak pada struktur bangunannya yang berbentuk stupa bertingkat, dengan 72 stupa kecil yang mengelilingi stupa utama di puncaknya. 

Relief yang terukir pada dinding candi menggambarkan ajaran Buddha dan kehidupan pada masa lampau. Setiap tahunnya, Borobudur menjadi pusat perayaan Waisak, yang menarik ribuan pengunjung, baik lokal maupun dari berbagai belahan dunia.
 

2. Nepal Van Java

Berlokasi di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Nepal Van Java adalah julukan untuk desa yang dibangun di lereng Gunung Sumbing. Pemandangannya mirip dengan desa-desa di Nepal yang berada di lereng pegunungan Himalaya.

Rumah-rumah penduduk dibuat bertingkat mengikuti kontur bukit dan dicat warna-warni, menciptakan pemandangan unik. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan gunung yang indah dan asri, membuatnya menjadi tempat favorit bagi para fotografer dan pendaki. 
 

3. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu adalah bukit yang terletak di gugusan Gunung Menoreh, terkenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit dengan latar belakang Candi Borobudur dan Gunung Merapi.

Punthuk Setumbu juga cocok untuk pengunjung yang ingin menikmati ketenangan alam dengan panorama hijau yang menyejukkan. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi foto prewedding karena keindahan lanskap alamnya.
 

4. Ketep Pass

Ketep Pass terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Wisata ini menawarkan pemandangan ciamik dari Gunung Merapi dan Merbabu. Selain menikmati alam, pengunjung juga bisa belajar tentang vulkanologi di Ketep Volcano Theatre dan Museum Vulkanologi, yang menyajikan film dokumenter serta pameran seputar aktivitas Gunung Merapi.

Terdapat spot wisata menarik di sini, ada Gardu Pandang Ketep untuk melihat pemandangan gunung. 900 meter sebelah utara Gardu Pandang Ketep, ada tempat wisata yakni Puncak Argapura Ketep Pass. Pengunjung bisa melihat pemandangan lima gunung yang indah, yakni Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Bukit Menoreh.
 

5. Kebun Raya Gunung Tidar

Gunung Tidar atau Kebun Raya Gunung Tidar menjadi destinasi wisata religi, wisata alam, sekaligus area pendidikan militer. Pada puncak gunung Tidar terdapat Tugu Sa sebagai paku tanah Jawa atau tugu pusaran bumi Tanah Jawa (titik nol) yang berada di tengah-tengah Pulau Jawa.

Ada juga Monumen Tanah Air Satu Bangsa yang dibangun saat memperingati Hari Olahraga Nasional pada 2017. Pada monumen tersebut terdapat simbol pemersatu bangsa berupa kendi berisi tanah dan air yang diambil dari seluruh Nusantara.

Selain itu, Gardu Pandang Taman Elang Jawa yang terletak di sisi timur Gunung Tidar. Ini menjadi salah satu tempat favorit untuk menyaksikan matahari terbit di celah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dalam posisi sejajar mata.

Sebagai destinasi wisata religi, di gunung Tidar juga terdapat makan Syekh Subakir, Makom Kiai Sepanjang, dan Makom Mbah Semar atau Mbah Ismoyojati atau Kiai Tunggul Jati. 

Baca juga: Rekomendasi 4 Destinasi Wisata Bagi Penggemar Buku di Yogyakarta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Menelusuri Cita Rasa Autentik di Menu à la Carte Terbaru The Praya

BERIKUTNYA

Daftar Harga Tiket Fan Meeting Jung Hae-in di Jakarta 7 Desember 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: