Festival Director KIFF 2024 Nandra Adhizeza (kiri) Produser dan penulis naskah My Annoying Brother Lala Timothy, dan Sutradara Dinna Jasanti (Sumber gambar: KIFF 2024)

Fakta-fakta Menarik Korea Indonesia Film Festival 2024

23 October 2024   |   12:08 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Korea Indonesia Film Festival (KIFF) kembali hadir tahun ini. Menjadi gelaran yang ke-15 kalinya, KIFF terus konsisten jadi platform untuk merayakan budaya sinema dari dua negara dengan sejarah perfilman yang panjang, yakni Korea dan Indonesia.

Ajang yang diinisiasi oleh Korean Cultural Center (KCC) Indonesia dan CGV Cinemas ini akan digelar mulai 31 Oktober hingga 3 November 2024. Selama empat hari penuh, para pencinta film bisa menikmati beragam sajian sinema khas dari Indonesia dan Korea. 

Baca juga: Rekomendasi 6 Film Komedi Indonesia Terbaik 2024

Festival Director KIFF 2024 Nandra Adhizeza mengatakan setiap tahunnya KIFF berhasil menarik perhatian masyarakat. Hal ini menjadi cermin akan tingginya minat masyarakat terhadap film-film dari Korea dan Indonesia. “Tahun ini kami membawa 19 film-film terbaik dari Korea dan Indonesia. Selamat berpesta sinema,” ucap Nandra.

Sembari menunggu gelaran festival resmi dibuka, yuk simak terlebih dahulu beberapa fakta menarik soal KIFF 2024:


1. Tayang di 3 kota besar

Korea Indonesia Film Festival bakal menjadi pesta besar untuk merayakan bentuk dan warna sinema dua negara, yakni Korea Selatan dan Indonesia. Dalam penyelenggaraannya, festival ini pun bakal hadir tidak hanya di Jakarta, tetapi juga kota-kota lainnya. Hal ini membuat makin banyak orang bisa menikmati ragam film dari kedua negara.

Pada tahun ini, KIFF hadir secara luring di tiga kota, yakni Jakarta, Bandung, dan Palembang. Pemutaran film di Jakarta akan difokuskan di CGV Grand Indonesia, di Bandung akan digelar di CGV Paris Van Java, dan di Palembang bertempat di CGV Palembang Town Center. Pemilihan ketiga kota ini karena antusiasme penonton yang besar terhadap film-film Korea dan Indonesia.
 

Lineup Korea Indonesia Film Festival 2024 (Sumber gambar: KIFF 2024)

Lineup Korea Indonesia Film Festival 2024 (Sumber gambar: KIFF 2024)


2. Pertama kali opening film dari Indonesia

Untuk pertama kalinya, film pembuka dari Korea Indonesia Film Festival (KIFF) berasal dari Indonesia. Sebelumnya, film opening dari festival selalu berasal dari film-film produksi Korea. Namun, kini justru karya film dari Indonesia yang ditunjuk sebagai pembuka festival.

Film Indonesia yang ditunjuk sebagai pembuka festival berjudul My Annoying Brother garapan sutradara Dinna Jasanti. Ini merupakan adaptasi dari film Korea Selatan berjudul sama yang telah tayang 2016.

Berbeda dari versi Korea, versi Indonesia bakal tampil dengan warna yang berbeda karena konteks cerita telah dilokalkan. Film ini menceritakan tentang seorang atlet Judo nasional yang kehilangan pengelihatannya karena cedera ketika mengikuti kompetisi. Dia kemudian dirawat oleh kakaknya yang adalah seorang narapidana.


3. Hadirkan 19 film dari Indonesia & Korea

Korea Indonesia Film Festival 2024 akan menghadirkan lebih banyak film dari edisi sebelumnya. Tahun ini, KIFF membawa 19 film yang terdiri dari 14 film Korea dan 5 film Indonesia. Film-film yang dihadirkan juga mayoritas baru, yakni produksi 2023-2024. Beberapa bahkan ada yang belum tayang di bioskop Indonesia.

Film-film yang akan tayang di antaranya adalah My Annoying Brother (Opening Film), Alienoid: Return to the Future, The Roundup: Punishment, The Plot, Escape, Project Silence, I, The Executioner, Beautiful Audrey, Pilot, Victory, Apres Girl, Bori, Exhuma, Laut Tengah, Laura, Siksa Kubur, Kang Mak


4. Hadirkan Film indie & musikal Korea

Ada sesuatu yang baru dalam Korea Indonesia Film Festival 2024. Tahun ini, festival juga akan menawarkan sajian yang cukup berbeda dari edisi sebelumnya. Tak hanya membawa film-film blockbuster dari studio besar, tahun ini festival juga membawa satu film dari studio Indie berjudul Bori karya sutradara Kim Jin-Yu.

Kemudian, festival tahun ini juga menyajikan film yang lebih bervariasi. Tak hanya drama atau horor, tetapi juga musikal. Salah satu film musikal yang bisa ditonton di festival ini adalah Apres Girl karya sutradara Park Nam-ok 

Lineup Korea Indonesia Film Festival 2024 (Sumber gambar: KIFF 2024)

Lineup Korea Indonesia Film Festival 2024 (Sumber gambar: KIFF 2024)


5. Penjualan tiket mulai Jumat 25 Oktober 2024

Meski festival akan berlangsung pada 31 Oktober-3 November, penjualan tiket film-film yang ada di KIFF akan berlangsung lebih dahulu. Oleh karena itu, para pencinta film jangan sampai terlambat memesan tiket agar tidak ketinggalan menonton film-film incarannya.

Periode penjualan tiket film di KIFF 2024 akan dimulai pada Jumat, 15 Oktober 2024. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi CGV, website, CGV, maupun secara luring dengan datang langsung ke bioskop. Harga tiket film sangat terjangkau, yakni Rp15.000. 

Baca juga: 7 Film Indonesia Tayang November 2024 di Bioskop

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Alasan Joko Anwar Baru Filmkan Skenario Pengepungan di Bukit Duri Setelah 17 Tahun

BERIKUTNYA

Origami House, Rumah Karya Arsitek Indonesia Raih Penghargaan di Eropa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: