Menteri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Maman Abdurrahman (kedua kiri) bersama dengan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (kanan) dan Corporate Secretary Brahmantya Satyamurti Poerwadi (kedua kanan) meninjau salah satu stan saat pembukaan Pertamina SMEXPO 2024 (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Pertamina SMEXPO 2024 di Jakarta Hadirkan 43 UMKM Mitra Binaan

22 October 2024   |   18:46 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan pameran bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam ajang Pertamina SMEXPO 2024, di atrium mal Kasablanka selama 6 hari, dari 22-27 Oktober 2024. Acara tersebut diikuti oleh 43 UMKM yang menjadi binaan perusahaan. 

Corporate Secretary Pertamina, Brahmantya Satyamurti Poerwadi, mengatakan bahwa ajang SMEXPO 2024 yang diselenggarakan mulai Selasa, (22/10/2024) ini merupakan ajang tahun kelima. “Pertamina SMEXPO ini adalah Pertamina Small, Medium, Enterprise, Expo yang sudah kami jalankan sejak tahun 2020,” katanya di Jakarta. 

Dia mengatakan, Pertamina SMEXPO 2024 diadakan pertama kali pada 2020 karena ketika itu terjadi pandemi Covid-19. Keberadaan ajang ini merupakan salah satu cara bagi manajemen untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia. 

Baca juga: Pertamina Creativepreneur Summit 2024 Gandeng Lebih dari 80 Pembicara, Ada PODKESMAS Hingga Produser Drakor

Brahmantya mengungkapkan, penyelenggaraan Pertamina SMEXPO 2024 yang diadakan di Jakarta merupakan rangkaian kegiatan ke-6 sepanjang tahun ini, setelah Palembang, Yogyakarta, Bandung, Makassar, dan Bandar Lampung.

Pameran yang berlangsung sampai 27 Oktober 2024 itu menghadirkan 43 para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang menjadi mitra binaan pertamina. “[Pameran Pertamina SMEXPO 2024] sebagai upaya untuk memperkenalkan produk lokal jadi vokal seperti tema dari SMEXPO 2024 ini,” katanya. 

Pada kesempatan yang sama, VP Corporate Communication PT Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan bahwa terdapat sejumlah perbedaan antara SMEXPO yang diadakan tahun ini disandingkan dengan tahun sebelumnya. 
 

Pengunjung melihat produk yang dipamerkan disalah satu stan saat pembukaan Pertamina SMEXPO 2024 di Jakarta, Selasa (22/10/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Pengunjung melihat produk yang dipamerkan disalah satu stan saat pembukaan Pertamina SMEXPO 2024 di Jakarta, Selasa (22/10/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Perbedaan itu salah satunya terletak dari jumlah kota yang menggelar acara ini. Pada 2024, kota tempat penyelenggaraan pameran lebih banyak, ketimbang tahun lalu yang hanya mencapai 5 kota.

Dia menambahkan, manajemen berharap nilai transaksi dalam pameran ini akan lebih besar seiring dengan jumlah kota yang lebih banyak. “Tahun lalu mencatatkan transaksi Rp14,9 miliar dari 5 kota. Tahun ini 6 kota, kami harapkan angkanya meningkat. Kami harapkan transaksi lebih dari Rp14,9 miliar,” katanya. 

Selain itu, perbedaan lain dengan ajang tahun lalu adalah pelaku UMKM yang ikut serta. Dia mengatakan bahwa manajemen mengikutsertakan pelaku usaha yang berbeda-beda setiap tahunnya agar para pelaku usaha memiliki kesempatan eksposure yang sama.

Di ajang Pertamina SMEXPO 2024, Jakarta, manajemen membawa para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dari berbagai kota di dalam negeri, seperti Pekanbaru, Yogyakarta, dan sebagainya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Elon Musk Digugat Atas Pelanggaran Hak Cipta Film Blade Runner 2049 di Event "We, Robot"

BERIKUTNYA

Cek 4 Tren Kuliner Masa Depan ala Unilever Food Solutions dari Worldchefs Congress & Expo 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: