Etalase Produk UMKM (Sumber gambar: Paviliun Indonesia)

Merambah Pasar Global, Produk UMKM Mejeng di Expo 2020 Dubai

21 January 2022   |   22:34 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Untuk meningkatkan peluang ekspor pelaku UMKM ke pasar global khususnya Timur Tengah, Paviliun Indonesia menghadirkan produk-produk UMKM dan IKM kualitas ekspor dalam perhelatan Expo 2020 Dubai.

Setidaknya terdapat 12 pelaku usaha dari Kabupaten Tangerang yang menampilkan produk UMKM dan IKM “Go Export” seperti sepatu dan tas kulit dari reptil, furnitur dari batu fosil, dan keranjang rotan yang telah merambah pasar Asia dan Eropa. Selain itu, juga dipamerkan minuman serbuk cokelat yang sepenuhnya diproduksi menggunakan bahan baku lokal.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia, Didi Sumedi, mengatakan sebagai kota terbesar di Provinsi Banten, Tangerang merupakan pusat manufaktur industri dengan lebih dari 1.000 pabrik bermesin canggih dan memiliki tenaga kerja yang berkualitas.

Hingga saat ini, Kabupaten Tangerang juga telah memiliki lebih dari 400 UMKM dan IKM yang menghasilkan produk fesyen, furnitur, kerajinan tangan, makanan dan minuman, serta jasa dan wisata.

"Produk-produk yang kami pamerkan merupakan produk berkualitas tinggi. Kami berharap, melalui gelaran Expo 2020 Dubai, produk yang dipamerkan bisa mendunia. Selain itu, juga memotivasi pengusaha UMKM lainnya untuk semakin berdaya dan meningkatkan kualitas produk guna merambah pasar global,” jelasnya.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang, Iskandar Nordat, menambahkan keikutsertaan Kabupaten Tangerang dalam gelaran Expo 2020 Dubai bertujuan memfasilitasi UMKM dan IKM untuk meningkatkan daya saing dan memperluas akses pasar.

"Melalui kegiatan forum bisnis yang diselenggarakan, kami berharap produk-produk kami nantinya dapat turut meningkatkan devisa perekonomian negara, khususnya di tengah kondisi pandemi Covid-19," tambahnya.

Hingga minggu ke-16, Paviliun Indonesia telah dikunjungi lebih dari 650 ribu pengunjung dan memamerkan sebanyak 590 produk UMKM siap ekspor. Pemerintah Indonesia optimis untuk terus memperkenalkan potensi bangsa ke panggung internasional.


Editor: Gita
SEBELUMNYA

Lagi Cari Mobil Bekas? Perhatikan 4 Hal Ini

BERIKUTNYA

Inilah yang Jadi Pertimbangan Milenial Saat Membeli Apartemen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: