Worldchefs Congress & Expo 2024 (Sumber gambar: Unilever Food Solutions)

Cek 4 Tren Kuliner Masa Depan ala Unilever Food Solutions dari Worldchefs Congress & Expo 2024

22 October 2024   |   19:21 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Masa depan kuliner makin menarik dan penuh kejutan. Dalam Worldchefs Congress & Expo 2024 yang diadakan pada 21 Oktober di Marina Bay Sands, Unilever Food Solutions (UFS) memaparkan empat dari delapan tren yang diprediksi akan mendominasi dunia makanan dalam beberapa tahun ke depan. 

Mengusung tema Culinary Infinity, acara ini mengajak para pencinta kuliner menjelajahi berbagai inovasi kuliner yang disajikan di atas meja berbentuk angka delapan. Angka itu dipilih karena mencerminkan kemungkinan tanpa batas (infinity), yang bisa terjadi pada masa mendatang. 

Meskipun tidak ada urutan yang ditentukan untuk mengunjungi dan menikmati setiap kuadran, peserta harus menyelesaikan perjalanan Culinary Infinity agar dapat melihat visi dan merasakan cita rasa masa depan secara lengkap dan utuh. 

Nah yuk, jelajahi tren kuliner masa depan dari sudut medan tren"yang ada di Culinary Infinity, sebagaimana terungkap dalam UFS Future Menus Report 2024. Seperti apa tren makanan masa depan tersebut? Berikut ulasannya. 

Baca juga: 8 Tren Kuliner Global, Panduan Inovatif untuk Chef dan Bisnis F&B Tetap Relevan
 

1. Flavour Shock: Kejutan rasa yang tak terduga

Tren ini mengutamakan kejutan di setiap gigitan. Menu seperti Tempura with Matcha Sauce, Chocolate with Golden Egg Powder, dan Truffle Ball Fermented Cassava disajikan dengan sentuhan artistik di atas batu lava yang mengilap. Tren ini mengajak penikmat kuliner untuk keluar dari zona nyaman dan mengeksplorasi kombinasi rasa yang unik dan berani. 
 

2. Local Abundance: Menggali kekayaan bahan lokal 

Bahan-bahan lokal menjadi sorotan dalam tren kuliner masa depan. Rempah-rempah Indonesia seperti kemiri, lengkuas, dan asam jawa dihadirkan untuk menunjukkan potensi besar yang bisa digali dari kekayaan lokal. Selain memperkaya rasa, tren ini juga mengedepankan keberlanjutan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara bijak. 
 

3. Low-Waste Menus: Meminimalkan limbah, memaksimalkan rasa

Pada masa mendatang, limbah makanan bukan lagi masalah, tapi justru peluang. Tren Low-Waste Menus menekankan pentingnya memanfaatkan bahan yang sering dianggap sisa untuk menciptakan hidangan baru.

Dalam acara Worldchefs Congress & Expo 2024, lanskap gurun tandus menjadi inspirasi, menggambarkan kreativitas yang diperlukan untuk mengolah limbah menjadi menu yang lezat. Para peserta pun berubah dari pemburu makanan menjadi ahli kimia saat menjajal medan tren ini. 
 

4. Modernised Comfort Food: Nostalgia bertemu inovasi

Tren ini memadukan rasa nostalgia dari makanan familier dengan inovasi modern. Banyak hal untuk dijelajahi dan dieksperimen di Modernised Comfort Food, dari mana pun peserta memulainya. Para peserta dibekali dengan nostalgia akan kenangan indah dari dapur masa kecil mereka, serta selera petualangan saat menjelajahi berbagai cita rasa lama dan baru

Regional Marketing Director, UFS Southeast Asia, Vangie Hu berharap melalui penjelajahan masa depan ini, industri makanan dapat berkembang ke berbagai arah, dengan kemungkinan yang tak terbatas. "Justru, kemungkinan yang tak terhitung jumlahnya inilah yang seharusnya membuat industri kita bersemangat untuk menyambut masa depan,” tuturnya. 

Baca juga: Menikmati Kuliner Laut Berlatar Keindahan Mangrove di Desa Budeng Bali

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Pertamina SMEXPO 2024 di Jakarta Hadirkan 43 UMKM Mitra Binaan

BERIKUTNYA

Begini Jurus Menteri UMKM Maman Abdurrahman Memperkuat Pelaku Usaha Lokal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: