Widiyanti Putri Wardhana (kanan) bersama Presiden RI Prabowo Subianto. (Foto: https://www.instagram.com/widi.wardhana/?e=c019d20a-ef10-4de6-9866-e0dd4504ad21&g=5)

Menpar Baru Widiyanti Putri Punya Komitmen Ini Untuk Memajukan Pariwisata Indonesia

21 October 2024   |   15:06 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Widiyanti Putri Wardhana resmi menjabat Menteri Pariwisata baru setelah melakukan serah-terima jabatan dengan Sandiaga Salahuddin Uno pada Senin, 21 Oktober 2024. Dengan pengalaman yang dimiliki di dunia usaha, dia ingin menjadikan peringkat Indonesia di sektor pariwisata menjadi lebih baik lagi.

Putri mengatakan membawa perspektif dan semangat baru untuk memajukan sektor pariwisata Indonesia pada masa yang akan datang dengan didukung latar belakang dan kompetensinya yang telah berkecimpung di dunia usaha selama lebih dari 30 tahun.

Menurutnya, dunia usaha tersebut telah memberikan pengalaman dan pelajaran tentang pentingnya strategi yang matang, cara kerja yang efisien, dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan besar.

“Saat ini, sektor pariwisata Indonesia mencapai peringkat 22 dari 119 negara dalam Tourism and Travel Development Index 2024. Saya berkomitmen untuk melanjutkan momentum ini agar sektor pariwisata meraih pencapaian yang lebih besar,” katanya di Jakarta, Senin (21/10/2024).

Baca juga: 4 Destinasi Wisata Seru di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon

Dia menuturkan bahwa Indonesia memiliki tantangan yang besar dalam menggali potensi pariwisata. Dalam pengamatannya, ada empat sektor yang harus dibenahi untuk memperkuat sektor pariwisata nasional, yakni infrastruktur, investasi, sumber daya manusia, dan promosi.

Pada 6 bulan pertama, dia akan fokus terhadap beberapa inisiatif, yakni melakukan dengar pendapat transformasi pariwisata dengan pihak-pihak terkait dan tourism 5.0 seperti pemasaran kalender events berbasis digital dan AI travel systems.

Selain itu, dia juga akan fokus terhadap perumusan grant strategy penggunaan Indonesia Quality Tourism Fund untuk diversifikasi atraksi, event berskala internasional, dan sebagainya.

Kementerian Pariwisata juga akan melakukan sinergi dan kolaborasi yang erat dengan Kementerian Ekonomi Kreatif. Putri mengatakan bahwa transisi yang berjalan merupakan momen penting guna memastikan kesinambungan dan akselerasi dalam mencapai target-target kementerian.

Menurutnya, masukan dari Sandiaga dan juga Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2019-2024 Angela Herliani Tanoesoedibjo sangat penting untuk memastikan transisi yang mulus dan berkelanjutan.

Sementara itu, pengamat pariwisata Chusmeru menilai pemisahan antara sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dilakukan oleh pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka adalah kebijakan yang ditunggu dan diharapkan dapat membuat perubahan.

Menurutnya, pemisahan tersebut bagai dua sisi mata uang. Di satu sisi dapat membuat pemerintah lebih fokus untuk membenahi sektor pariwisata di dalam negeri. Namun, di sisi lain berpotensi membuat kebijakan dan operasional menjadi tumpang tindih.

Bukan tanpa alasan, potensi tersebut dapat terjadi mengingat tidak sedikit kegiatan pariwisata dan melibatkan event nasional serta internasional menjadi domain ekonomi kreatif.

Dengan begitu, kedua kementerian perlu melakukan sinergi dan koordinasi antarkementerian dan lembaga – tidak hanya dengan Kementerian Ekonomi Kreatif - guna membuat pariwisata Indonesia lebih berkembang.

Pemisahan Kementerian Pariwisata dari sektor ekonomi kreatif juga membuka peluang promosi pariwisata lebih maksimal. Dia menilai bahwa promosi pariwisata yang dilakukan oleh pemerintah selama ini masih kurang – baik nasional maupun derah. Menurutnya, kekurangan anggaran menjadi alasan yang selalu diutarakan terkait dengan promosi tersebut.
 


Profil Widiyanti Putri Wardhana

Widiyanti Putri Wardhana adalah seorang perempuan pengusaha Indonesia yang dikenal sebagai seorang profesional bisnis, investor, dan filantropis dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di dunia bisnis.

Dia adalah putri dari konglomerat Wiwoho Basuki Tjokronegoro, yang memiliki bisnis di sektor energi dan batu bara melalui perusahaan seperti PT Indika Energy Tbk, dan istri dari Wishnu Wardhana selaku Direktur Utama PT. Teladan Resources dan PT. Teladan Prima Agro Tbk.

Baca juga: Daftar Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo, Ada Bidang Kebudayaan & Ekonomi Kreatif

Berkecimpung dan matang di dunia bisnis, terutama di sektor agribisnis melalui PT Teladan Prima Agro (TPA) yang bergerak di bidang pengelolaan perkebunan kelapa sawit, Putri memiliki kompetensi terlatih sebagai pengusaha, investor, sekaligus filantropi, yang menjabat Sekretaris Jenderal Yayasan Jantung Indonesia (YJI) (2018-2024), serta Ketua Yayasan Teladan Utama dan Dewan Pengawas Yayasan Kawula Madani.

Putri, diketahui sempat menempuh pendidikan di Universitas Pepperdine, Malibu, California, Amerika Serikat pada 1993 dan meraih gelar Bachelor of Science in Business Administration.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Aplikasi E-Grocery yang Bikin Belanja Bulanan Lebih Praktis dan Efisien

BERIKUTNYA

Parade Koleksi Kain Nusantara Jadi Pembuka Jakarta Fashion Week 2025

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: