Cover novel Nialgina. (Sumber gambar: Gramedia)

Dari Wattpad ke Rak Toko Buku, Niallgina Rilis Novel Perdananya Trending Topic

15 October 2024   |   06:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Niallgina akhirnya menerbitkan novel perdananya, Trending Topic. Penulis yang namanya dikenal melalui Wattpad ini akan membawa pembaca pada fenomena dunia entertainment dan dunia maya yang sering terjadi seperti framing, fitnah, shipper, hingga hoax melalui karya fisiknya.

Diadaptasi dari cerita fiksi berjudul When The Light Is Off yang ditulisnya dalam platform berbagi cerita online, Trending Topic mengulas karakter Maudya Wirasesa, aktris A-list yang selalu menempati trending topic dan disukai oleh netizen berkat perannya di film bersama Ragil Adriano. 

Sukses membuat chemistry dengan lawan mainnya itu, netizen mengidolakan keduanya serta menjuluki mereka sebagai Nation’s Favorite Couple. Ikatan yang dibangun Maudya dan Ragil dalam film lantas menjadi santapan umum di media. Keduanya diframing memiliki kedekatan di luar peran. 

Baca juga: Hypereport: Novel Digital Bikin Pengembangan IP Sebuah Karya Jadi Lebih Kuat
 

Di balik dunia maya itu, Maudya telah memiliki kekasih bernama Farras yang berprofesi sebagai CEO Ruang Didik, sebuah platform pendidikan. Sudah berpacaran selama enam tahun, kisah cinta Maudya dan Farras terbilang njelimet. Kelakuan Frans yang tidak pernah memberi kepastian dan menjalin cinta dengan wanita idaman lain akan membuat pembaca geram. 

Pada situasi ini, Handi Fachriansyah, uda asal Padang yang merupakan psikolog pengisi acara kesehatan mental 'PsyLife' di televisi perlahan membawa warna baru bagi kehidupan Maudya. Kehadiran Handi cukup menarik perhatian netizen sebagai idola baru kaum hawa berkat ketampanan dan kepiawaiannya dalam memahami perasaan orang lain. 

Tak hanya netizen, Maudya pun tertarik dengan psikolog itu. Namun, netizen tidak menyukai kedekatan di antara mereka.

Layaknya media sosial, pembaca akan menemukan gimmick seperti akun gosip, lengkap dengan komentar pedas netizen. Tentu, Trending Topic bukan versi mentah, dengan alur ngalor-ngidul seperti yang dihadirkan Niallgina dalam When The Light Is Off di Wattpad. 

Dalam versi novel ini, karakter yang charming akan semakin charming, dan antagonis dibuat semakin menjengkelkan. Niallgina membocorkan akan ada satu tokoh figuran di Wattpad yang naik kelas menjadi karakter pendukung dalam novel ini. 

Sementara itu, seluruh plot karakter Audry pada When The Light Is Off pun disingkirkan. “Plot Audry bahkan sudah aku take out sebelum mengirimkan naskah ke penerbit,” sebutnya.

Penghapusan karakter Audry yang merupakan adik Maudya dan notabene klien Handi diputuskan sebelum naskah Trending Topic diserahkan ke editor. Niallgina tidak ingin membingungkan para pembaca awam lantaran setelah dinovelkan, pembaca tidak hanya berasal dari Wattpad. Lagipula, plot Audry terlalu bertele-tele dan hubungannya dengan para karakter utama terbilang abu-abu.

Dari segi tampilan, sampul novel Trending Topic cukup menarik. Selintas, tampilannya seperti majalah. Sementara itu, screenshot netizen julid juga hadir dalam beberapa bagian buku ini. 

Niallgina memang piawai membuat cerita  yang mengundang penasaran dan gemas. Tentu, perjalanannya sebagai penulis yang berhasil menggaet pembaca bukan dalam hitungan bulan. 

Berawal dari kegemarannya membaca cerita fiksi di sejumlah platform dan blog, Niallgina akhirnya tertarik untuk menuliskan ceritanya sendiri di platform Wattpad. Dia menerbitkan karya pertamanya yang berjudul The Humorous pada 2013 .

Niallgina mendapat popularitas berkat karya keduanya, Cinderella "Converse" yang diterbitkan pada 2014. Cerita ini berhasil menggaet ratusan ribu pembaca di Wattpad. Bahkan, setiap ada episode baru, cerita ini selalu menempati peringkat pertama di Fanfiction.

Sempat hiatus, unpublish semua cerita dari Wattpad, bahkan menghilang pada 2016, Niallgina memutuskan kembali ke platform. Alasannya, Cinderella “Converse” diplagiat menjadi fanfic K-Pop. 

Dia begitu marah, terlebih yang menjiplak hasil karyanya mengaku telah meminta izin untuk menerbitkan dalam versi lain. Untung saja username Niallgina masih bisa dipakai lagi dan dia mengunggah kembali semua karya ceritanya. 

Kejadian tersebut juga membuat Niallgina menyelesaikan Cinderella “Converse” yang sempat terhenti, meskipun banyak pembaca yang menghilang dari akunnya. Niallgina memulai kembali dari nol dengan terus membuat cerita-cerita baru.

Dia pun mengatur strategi dengan mengubah genre yang awalnya fanfiction menjadi dark romance, 184, dan psychological thriller. Secara bertahap Niallgina mulai nyaman untuk menulis lagi hingga dia kembali menarik perhatian melalui Garis Singgung yang terbit pada 2020 yang meraih banyak pembaca, jauh melampaui Cinderella “Converse”. 

Niallgina selalu menghadirkan karya dengan genre baru, dari pengalaman pribadi atau kejadian sehari-hari. Cita-citanya adalah menyelesaikan tulisannya agar dapat menulis cerita baru.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Fenomena Pembajakan Film di Media Sosial, Perlu Penegakan Hukum Tegas

BERIKUTNYA

Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan Jadi Kerangka Perumusan Kebijakan Budaya di Tingkat Global 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: