Para Perasuk sedang dalam proses syuting (Sumber gambar: Rekata Studio)

Fakta Menarik Film Para Perasuk yang Dapat Penghargaan CJ ENM Award

14 October 2024   |   11:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sutradara Wregas Bhanuteja kembali menunjukkan prestasinya. Proyek film berjudul Para Perasuk atau Levitating – judul internasional – mendapatkan penghargaan CJ ENM Award di ajang Asian Project Market, yang menjadi rangkaian Busan International Film Festival (BIFF) 2024. 

Dalam informasi yang diterima Hypeabis.id, Para Perasuk menjadi satu dari total delapan film yang mendapat penghargaan di ajang tersebut. Karya dari Rekata Studio itu berhasil memenangkan penghargaan tersebut setelah menyingkirkan puluhan karya lain.

Dalam Asian Project Market (APM) 2024 atau edisi ke-27, ada 441 proyek film dari 44 negara yang mendaftar. Dari total itu, 30 proyek film panjang dari 17 negara lolos seleksi untuk dipresentasikan di ajang tersebut.

Kemudian, dari 30 proyek, para juri memilih 8 film yang akan mendapatkan penghargaan. APM mencatat, proyek-proyek film yang berhasil lolos adalah film-film yang memiliki corak tema latar belakang politik, sosial dan budaya yang beragam dari berbagai negara Asia. 

Baca juga: Ini Alasan Film Tale of The Land Meraih FIPRESCI Prize di Busan International Film Festival 2024

Produser film Para Perasuk, Siera Tamihardja, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan bukti kepercayaan terhadap potensi film Indonesia yang semakin berkembang dari waktu ke waktu. Dengan penghargaan ini, dia mengungkapkan para sineas yang ada di belakang proyek film sangat bersemangat.

Dia juga mengatakan akan menggunakan kesempatan ini dengan bijak dan tidak akan mengecewakan para penonton saat filmnya dirilis. “Kami sangat berterima kasih atas apresiasi ini dan berharap bisa menyelesaikan film dengan baik,” ujarnya.

Genhype yang penasaran dengan proyek film ini, berikut sejumlah fakta tentang film Para Perasuk arahan sutradara Wregas Bhanuteja. 
 

1. Sedang dalam proses syuting 

Fakta pertama proyek film Para Perasuk adalah karya ini tengah dalam proses syuting atau pengambilan gambar. Film ini akan dijadwalkan tayang pada tahun depan, yakni 2025, di bioskop-bioskop seluruh Indonesia. 
 

2. Debut Anggun C. Sasmi 

Sejumlah aktor dan aktris ternama Indonesia akan menjadi bagian dalam film Para Perasuk atau Levitating. Mereka akan memerankan karakter-karakter yang ada dalam film dan beradu peran satu sama lain. Aktor dan aktris itu adalah Angga Yunanda, Maudy Ayunda, Bryan Domani, Chicco Kurniawan, Indra Birowo, Ganindra Bimo, dan sebagainya.

Selain itu, film ini juga akan menjadi debut penyanyi Anggun C. Sasmi bermain di film panjang. Anggun selama ini dikenal sebagai penyanyi internasional, yang telah menggelar konser di berbagai negara. 
 

3. Kolaborasi 3 Negara 

Fakta lain tentang Para Perasuk adalah film yang diproduseri oleh Siera Tamihardja, Iman Usman, dan Amalia Fitriani Rusdi menggandeng negara lain dalam proses produskinya. Film ini merupakan ko-produksi antara sineas Indonesia, Singapura, dan Prancis. 
 

4. Genre supernatural 

Para Perasuk yang rencananya akan rilis pada 2025 merupakan film dengan genre drama supernatural. Karya ini akan bercerita tentang masyarakat desa yang menganggap bahwa kerasukan roh adalah sebuah kepuasan dan kesenangan bersama.

Salah satu karakter bernama Bayu memiliki cita-cita menjadi seorang perasuk dalam sebuah upacara pesta kerasukan massal. Pada saat yang bersamaan, sang karakter tumbuh menjadi tokoh sentral dalam mengatasi krisis yang mengancam keutuhan warga di desanya. 

Baca juga: Sutradara Gadis Kretek Kamila Andini dan Ifa Isfansyah Boyong Piala BIFF 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Kiat Tetap Aman saat Naik Speedboat, Pakai Pelampung dan Periksa Cuaca Sebelum Berlayar

BERIKUTNYA

3 Resep Camilan dari Kentang selain French Fries, Ada Tater Tots dan Mashed Potato

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: