Speedboat (SumberfFoto: Freepik)

5 Kiat Tetap Aman saat Naik Speedboat, Pakai Pelampung dan Periksa Cuaca Sebelum Berlayar

14 October 2024   |   08:23 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Naik speedboat bisa menjadi salah satu aktivitas seru dan menantang yang bisa dilakukan saat liburan. Ini merupakan perahu motor kecil yang dirancang untuk bisa bergerak cepat di air. Umumnya digunakan untuk rekreasi, olahraga air, atau transportasi cepat di perairan.

Speedboat biasanya memiliki mesin berdaya tinggi dan bentuk lambung yang memungkinkannya melaju dengan kecepatan tinggi. Namun, apabila dilakukan tanpa persiapan, naik speedboat bisa berbahaya. Pasalnya, alat bergerak cepat dan dapat dengan mudah menabrak objek lain, baik itu perahu lain, kayu, atau batu. Kecelakaan ini dapat menyebabkan cedera serius bagi penumpang dan kerusakan pada perahu. 

Selain itu, ada kemungkinan speedboat bisa tenggelam akibat kelebihan beban, kerusakan mesin, atau cuaca buruk. Pengemudi dan penumpang yang tidak mengenakan pelampung, serta tidak memahami prosedur keselamatan bisa membahayakan dirinya sendiri. Nah Genhype, mengutip boat safe, berikut adalah beberapa kiat aman saat naik speedboat

Baca juga: Mengenal Sejarah Kapal Pinisi, Teknologi Perahu Nenek Moyang yang Jadi Warisan Budaya Tak Benda
 

1. Pakai pelampung

Pelampung adalah perangkat keselamatan yang dirancang untuk membantu menjaga seseorang tetap mengapung di air. Pastikan setiap penumpang mengenakan pelampung yang sesuai standar dan dalam kondisi baik. Pelampung dapat membantu menjaga keselamatan dan mencegah tenggelam, terutama di perairan yang dalam atau berarus.

Pelampung harus sesuai dengan ukuran dan berat pengguna untuk memastikan efektivitasnya. Selalu periksa apakah pelampung dalam kondisi baik, tidak bocor, dan semua strap serta gesper berfungsi dengan baik. Pastikan untuk memahami cara menggunakan pelampung dengan benar, termasuk cara memasangnya dan apa yang harus dilakukan dalam situasi darurat.
 

2. Pilih perusahaan sewa yang tepercaya

Sebelum menyewa speedboat, penting untuk memilih perusahaan sewa yang memiliki reputasi baik dalam hal keselamatannya. Periksa ulasan pengguna dan cari tahu apakah perusahaan tersebut selalu mematuhi standar keselamatan dan memiliki armada yang terawat. Perusahaan yang baik biasanya akan memberikan informasi tentang kondisi perahu dan instruksi keselamatan yang harus diikuti.
 

3. Ikuti briefing keselamatan

Banyak perusahaan sewa speedboat yang menyediakan briefing keselamatan sebelum berangkat. Briefing ini mencakup informasi penting seperti cara menggunakan pelampung sampai prosedur darurat yang harus dilakukan jika terjadi masalah. Mengikuti briefing sangat vital, bahkan bagi orang yang sudah berpengalaman sekalipun, karena setiap speedboat mungkin memiliki fitur yang berbeda. 

Selanjutnya sebelum berangkat, kenali semua prosedur darurat untuk memastikan semuanya tetap terkendali saat terjadi situasi darurat. Misalnya, ketahui di mana letak peralatan keselamatan, seperti pemadam kebakaran, kotak P3K, dan pelampung cadangan. Rencanakan apa yang harus dilakukan jika mesin mati atau rusak, speedboat terdampar, atau jika ada penumpang yang terjatuh ke dalam air.
 

4. Patuhi aturan di perairan

Selain itu, penting untuk mematuhi aturan. Setiap perairan memiliki aturan dan regulasi yang harus diikuti oleh semua pengemudi perahu. Ini termasuk batas kecepatan, zona tanpa gelombang, dan aturan hak jalan. Mematuhi aturan ini tidak hanya membantu menjaga keselamatan diri sendiri tetapi juga orang lain di sekitar. 
 

5. Periksa cuaca sebelum berangkat

Sebelum meluncur, selalu periksa ramalan cuaca sebab hal itu dapat berubah dengan cepat di perairan. Kondisi cuaca yang buruk dapat membuat perjalanan menjadi berbahaya. Apabila ramalan cuaca menunjukkan kemungkinan badai atau angin kencang, pertimbangkan untuk menunda perjalanan. Menghadapi cuaca buruk tanpa persiapan dapat berakibat fatal. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Kado untuk Bayi Baru Lahir, Perlengkapan si Kecil sampai Mainan Edukatif

BERIKUTNYA

Fakta Menarik Film Para Perasuk yang Dapat Penghargaan CJ ENM Award

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: