Sejumlah pelari melintasi jalanan kota Jakarta pada Minggu (30/6/2024). (sumber gambar Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Wondr Jakarta Running Festival 2024 Resmi Dihelat di GBK, Cek Jadwal & Programnya

10 October 2024   |   14:36 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Tren olahraga lari telah menjadi gaya hidup di masyarakat. Tidak hanya menjadi kegiatan fisik yang menyehatkan, aktivitas lari saat ini telah menjadi lifestyle lewat berbagai acara kompetisi lari yang belakangan masif digelar di Tanah Air.

Terbaru, ajang kegiatan lari Wondr Jakarta Running Festival 2024, kembali dihelat di Jakarta. Diinisiasi Kelompok Lari Bangsa (KLAB), pesta olahraga lari ini, berlangsung pada 10-13 Oktober 2024, di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. 

Race Director Wondr JRF 2024, Donny Tjahyadikarta, mengatakan, kali ini kegiatan lari itu akan lebih semarak dengan berbagai program seru. Tak hanya itu, festival ini juga akan mengedepankan keberlanjutan, untuk meminimalisir sampah hingga polusi udara.

Baca juga: Penelitian: Berjalan Kaki 4.000 Langkah Sehari Efektif Turunkan Risiko Kematian

Selain diikuti lebih dari 16.000 pelari, acara ini juga turut menghadirkan sederet hiburan dan berbagai aktivitas seru. Ihwal diadakannya program itu adalah menarik minat masyarakat, salah satunya dengan menghadirkan expo besar-besaran selama kegiatan berlangsung.

"Kami juga berkomitmen terhadap standarisasi penyelenggaraan dan keselamatan,kenyamanan dan keamanan seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini," katanya saat konferensi pers di Istora Senayan, Kamis (10/10/24).
 

Race Director wondr Jakarta Running Festival 2024 Donny Tjahyadikarta (darinkiri), Division Head of Marketing Communication PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Duardi Prihandiko, dan Direktur Utama PT Kelompok Lari Anak Bangsa (Klab) Dickie Widjaja saat pembukaan Jakarta Running Festival 2024 secara simbolis di Jakarta, Kamis (10/10/2024). (sumber gambar: Hypeabis.id/Fanny Kusumawardhani)

Race Director wondr Jakarta Running Festival 2024 Donny Tjahyadikarta (dari kiri), Division Head of Marketing Communication PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Duardi Prihandiko, dan Direktur Utama PT Kelompok Lari Anak Bangsa (Klab) Dickie Widjaja saat pembukaan Jakarta Running Festival 2024 secara simbolis di Jakarta, Kamis (10/10/2024). (sumber gambar: Hypeabis.id/Fanny Kusumawardhani)


Selaras, Direktur Utama PT Kelompok Lari Anak Bangsa (KLAB) Dickie Widjaja, mengatakan, antusiasme masyarakat terhadap olahraga lari memang terus tumbuh. Momen ini menurutnya tak lepas dari kesadaran masyarakat dalam pola hidup sehat, khususnya lewat olahraga lari.

Menurut Dickie, olahraga lari merupakan salah kegiatan luar ruangan yang menyehatkan, oleh karena itu dia berharap kegiatan ini dapat menggelorakan gaya hidup sehat yang makin baik di masyarakat. "Acara ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang merayakan kebersamaan dan semangat olahraga yang menghubungkan kita semua," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Digital and Integrated Transaction Banking PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Hussein Paolo Kartadjoemena mengatakan, pihaknya sangat antusias menjadi bagian dari kegiatan tersebut, khususnya dalam memperkuat sport tourism Indonesia. 

"Kami yakin bahwa wondr Jakarta Running Festival 2024 tidak hanya mempromosikan gaya hidup sehat, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui community engagement yang kuat," ujar Paolo.

Jadwal Wondr Jakarta Running Festival 2024

Wondr Jakarta Running Festival 2024 dimulai dengan pembukaan race pack collection dan pameran atau exhibition yang menampilkan ratusan brand olahraga, makanan, dan minuman. Kegiatan ini juga bisa diakses oleh masyarakat umum selama empat hari penyelenggaraan dari 10-13 Oktober 2024.

Donny Tjahyadikarta mengatakan, kompetisi lari ini nantinya akan dilaksanakan selama dua hari pada dari 12-13 Oktober 2024. Membawa tajuk #LangkahBersama, kegiatan ini juga menekankan pentingnya persatuan dan kolaborasi di antara seluruh stakeholders yang terlibat dalam agenda tersebut.

Dia menjelaskan, nantinya para peserta akan terbagi dalam lima kategori lari di antaranya, Taro Junior Dash, Wondr 5K, dan Electrum 10K. Kemudian akan ada juga kategori lari Jakarta Half Marathon yang bermitra dengan MRT Jakarta, dan Le Minerale Marathon bagi para runner di Tanah Air.
 
 

Nantinya para runner dapat mengambil race pack mereka di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Pada Sabtu, 12 Oktober 2024, perlombaan pertama akan dibuka di kategori Wondr 5K, yang dijadwalkan pada pukul 05.30 WIB dan dapat diikuti oleh para pencinta olahraga lari.

Kedua, kategori Electrum 10K akan dimulai pada pukul 05.45 WIB. Kemudian, kategori Taro Junior Dash yang diikuti oleh 600 peserta anak-anak akan dimulai pada pukul 15.00 WIB yang mencakup jarak 100m, 200m, dan 400m, yang akan meramaikan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kemudian pada Minggu, 13 Oktober 2024, adalah Le Minerale Marathon (42,195 km), di mana peserta diajak untuk menderap jalan-jalan utama di Jakarta. Jumlah peserta dalam agenda ini diprediksi mencapai 6.000 pelari, dan dilanjutkan dengan kategori Jakarta Half Marathon (21,0975 km) yang bermitra dengan MRT Jakarta. 

"Saya berharap kegiatan ini juga dapat memajukan dunia olahraga sekaligus memperkuat Jakarta sebagai kota destinasi sports tourism atau destinasi wisata olahraga di tingkat nasional dan internasional," kata Donny. 

Baca juga:  Cek Tips dari Pakar Bagi Orang Tua yang Ingin Ajak Anak Lari Maraton

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Prediksi Formasi Timnas Indonesia vs Bahrain, Skuad Garuda Tambah 2 Amunisi Baru

BERIKUTNYA

Will Smith dan Michael Bay Bersiap Reuni di Film Aksi Terbaru 'Fast and Loose'

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: