Pesepak bola Timnas Indonesia Rizky Ridho. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Prediksi Formasi Timnas Indonesia vs Bahrain, Skuad Garuda Tambah 2 Amunisi Baru

10 October 2024   |   14:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (timnas) Indonesia bakal berhadapan dengan timnas Bahrain dalam laga lanjutan Grup C ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Jelang laga penting ini, Indonesia kedatangan dua amunisi baru yang bakal memperkuat skuad Garuda.

Dua amunisi tambahan tersebut adalah bek tengah FC Twente Mees Hilgers dan gelandang PEC Zwole Eliano Reijnders. Dua pemain yang berlaga di klub liga Eropa ini bakal menambah kedalaman yang telah dimiliki skuad Garuda sebelumnya.

Kehadiran Mees Hilgers di lini belakang Indonesia membuat pelatih Shin Tae Yong punya banyak opsi menarik. Hilgers adalah tipikal bek modern. Meski kerap bermain sebagai bek tengah, Hilgers juga bisa bermain di posisi lini belakang lainnya sesuai dengan kebutuhan pelatih.

Baca juga:  Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Bahrain, Peluang Rebut 3 Poin Pertama Garuda

Dalam berbagai pertandingan yang dilakoni bersama klubnya, pemain naturalisasi ini dikenal karena punya keunggulan dalam sisi kecepatan. Ketika duel satu lawan satu, Hilgers juga mampu menunjukkan dominasinya yang baik.

Tingkat konsentrasinya yang baik membuatnya juga dikenal punya akurasi umpan yang tinggi, baik umpan pendek maupun umpan panjang. Hal ini tentu akan membantu skuad Garuda dalam membangun serangan ke tim lawan.

Kehadiran Eliano Reijnders juga bakal menambah kekuatan timnas Indonesia. Eliano adalah tipikal pemain yang bisa bermain multiposisi, dari bek sayap kanan, bek sayap kiri, winger kiri atau kanan, hingga penyerang sayap.

Salah satu keunggulan lainnya adalah ketenangannya dalam mengatur tempo permainan. Jam terbangnya yang tinggi di Liga Belanda membuatnya punya ketenangan yang tinggi meski berada di dalam tekanan.

Adik Tijjani Reijnders ini juga memiliki visi bermain, pintar dalam menempatkan posisi, punya kecepatan, dan akselerasi yang baik. Kehadirannya diharapkan bisa menjadi solusi, terutama ketika Indonesia mulai buntu dalam hal penyerangan.
 

Selain dua amunisi tambahan ini, timnas Indonesia diprediksi masih akan menggunakan pemain-pemain andalannya yang lain. Di posisi penjaga gawang misalnya, pelatih Shin Tae Yong kemungkinan besar akan kembali memercayakan kepada kiper FC Dallas, Maarten Paes.

Di lini belakang, Mees Hilgers kemungkinan akan langsung menjalani debutnya. Kebetulan, satu pilar lini belakang, yakni Justin Hubner, mengalami cedera. Dengan demikian, Hilgers berpotensi akan masuk dan saling bekerja sama dengan dua nama lain, yakni Jay Idzes dan Rizki Ridho.

Di lini tengah, nama-nama andalan seperti Thom Haye, Sandy Walsh, Ivar Jenner, dan Calvin Verdonk diprediksi bakal menghiasi lineup Indonesia. Di posisi depan, Ragnar Oratmangoen dan Witan Sulaeman kemungkinan akan bermain bersama dengan Eliano Erijnders.

Soal formasi, seperti laga-laga lain, Shin Tae Yong kemungkinan masih menggunakan teknik 3-4-3. Formasi ini terbukti sukses menghadapi berbagai lawan sebelumnya.

Shin Tae Yong mengatakan skuad asuhannya kini lebih siap bertarung melawan Bahrain. Selama latihan, dirinya mencoba mematangkan sektor taktik maupun fisik dengan baik.

“Ini adalah pertandingan penting bagi kami, juga Bahrain tentunya. Hasil pertandingan ini akan sangat penting,” ucapnya dalam konferensi pers di Bahrain.

Laga Indonesia vs Bahrain memang pertandingan yang krusial. Secara posisi, kedua tim saat ini saling menempel ketat di Grup C. Bahrain sekarang menempati posisi ketiga dengan tiga poin, sedangkan Indonesia berada di posisi keempat dengan dua poin.

Oleh karena itu, hasil pertandingan ini bakal sangat menentukan nasib kedua tim, terutama untuk menjaga asa tetap berada di posisi empat besar klasemen.

Timnas Indonesia sendiri sebelumnya telah melewati dua tantangan berat di Grup C. Total dua poin yang didapat Indonesia berkat hasil imbang melawan Arab Saudi di markas lawan dan imbang lawan Australia di kandang sendiri.

Prediksi Formasi

Timnas Indonesia
Pelatih: Shin Tae Yong
Formasi 3-4-3
Pemain: Maarten Paes; Rizky Ridho, Mees Hilgers, Jay Idzes; Sandy Walsh, Thom Haye, Ivar Jenner, Calvin Verdonk; Witan Sulaeman, Ragnar Oratmangoen, Eliano Reijnders

Timnas Bahrain
Pelatih:  Dragan Talajic 
Formasi: 4-2-3-1
Pemain: Ebrahim Lutfalla; Vincent Emmanuel, Sayed Baqer, Amine Benaddi, Abdulla Al-Khulasi; Ali Haram, Abbas Al-Asfoor; Mohamed Marhoon, Ali Madan, Kamil Al-Aswad; Mahdi Abduljabbar.

Baca juga: Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Bahrain Malam Ini, Kickoff Pukul 23.00 WIB

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Taylor Swift Sumbang US$5 Juta untuk Bantu Korban Badai Helene dan Milton di AS

BERIKUTNYA

Wondr Jakarta Running Festival 2024 Resmi Dihelat di GBK, Cek Jadwal & Programnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: