Cole Palmer (Sumber gambar: X/Chelsea)

Penyerang Chelsea Cole Palmer Raih Penghargaan Pemain Terbaik Inggris 2023-2024

10 October 2024   |   17:30 WIB
Image
Muhammad Diva Farel Ramadhan Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Bintang muda Chelsea, Cole Palmer, berhasil meraih penghargaan pemain terbaik Inggris untuk musim 2023-2024. Dia memenangkan nominasi tersebut dengan mengungguli rekan timnya saat berlaga di Euro 2024, Bukayo Saka dari Arsenal dan Jude Bellingham dari Real Madrid.

Palmer meraih torehan prestasi tersebut bukanlah tanpa sebab, walaupun belum genap setahun sejak dia melakukan debut seniornya bersama timnas Inggris pada 17 November 2023 dalam kemenangan 2-0 melawan Malta, Palmer sukses meyakinkan publik Inggris bahwa dia merupakan pemain terbaik musim lalu. 

Baca Juga: Fakta Menarik Bahrain National Stadium, Venue Laga Timnas Indonesia vs Bahrain

Secara keseluruhan, dia hanya bermain 9 pertandingan untuk The Three Lions dan menorehkan 2 gol serta 1 assist. Ketika mengikuti kejuaraan Euro di Jerman, Palmer tidak pernah menjadi starter.  Keputusan tersebut kemudian menimbulkan pertanyaan dari para penggemar dan pundit yang ditujukan kepada pelatih Inggris kala itu, Gareth Southgate. 
 

Meski bermain dari bangku cadangan, dia berhasil mencetak gol penyeimbang pada laga Final melawan Spanyol. Dampak Palmer pada timnas Inggris di Euro tidak hanya itu, pada laga melawan Switzerland dia juga berhasil mengeksekusi tendangan penalti pertama Inggris. Dia juga memberikan assist kepada Watkins pada laga semifinal melawan Belanda.

Cole Palmer memulai karir profesionalnya di akademi Manchester City, tetapi karirnya benar-benar melejit ketika pindah ke Chelsea pada musim panas 2023. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini dengan cepat menyesuaikan diri dengan permainan Chelsea dan menjadi bagian penting dalam strategi pelatih Mauricio Pochettino.

Di musim debutnya bersama Chelsea, Palmer berhasil mencatatkan kontribusi signifikan dengan torehan gol dan assist. Palmer mencetak 25 gol untuk The Blues selama musim 2023/24. Pemain yang kerap dijuluki “Cold Palmer” ini juga berhasil menyabet gelar PFA Pemain Muda Terbaik Premier League musim lalu.

Palmer juga baru mencatatkan rekor sebagai pemain liga Inggris pertama yang berhasil mencetak 4 gol dalam babak pertama. Hal tersebut dia lakukan saat melawan Brighton & Hove Albion. 

Penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi berharga atas penampilan impresif serta kontribusi krusial pemain berusia 22 tahun itu untuk klub dan tim nasionalnya sejak awal musim lalu. 

Dengan dinobatkannya dia sebagai pemain terbaik Inggris, Palmer mengabadikan namanya bersama para legenda Inggris lainnya. 

Cole Palmer adalah pemain Chelsea pertama yang meraih penghargaan tersebut sejak Ashley Cole pada 2010, mengikuti jejak Frank Lampard yang juga mendapatkannya saat masih di The Blues. Bukayo Saka dari Arsenal memenangkan penghargaan ini dalam dua musim terakhir, sedangkan David Beckham, Wayne Rooney, dan Harry Kane juga pernah menjadi pemenang sebelumnya.

 

Daftar Peraih Pemain Terbaik Inggris:

2023-24: Cole Palmer (Chelsea)
2022-23: Bukayo Saka (Arsenal)
2021-22: Bukayo Saka (Arsenal)
2020-21: Kalvin Phillips (Leeds)
2019: Jordan Henderson (Liverpool)
2018: Harry Kane (Tottenham Hotspur)
2017: Harry Kane (Tottenham Hotspur)
2016: Adam Lallana (Liverpool)
2015: Wayne Rooney (Manchester United)
2014: Wayne Rooney (Manchester United)
2012: Steven Gerrard (Liverpool)
2011: Scott Parker (Tottenham Hotspur)
2010: Ashley Cole (Chelsea)
2009: Wayne Rooney (Manchester United)
2008: Wayne Rooney (Manchester United)
2007: Steven Gerrard (Liverpool)
2006: Owen Hargreaves (Bayern Munich)
2005: Frank Lampard (Chelsea)
2004: Frank Lampard (Chelsea)
2003: David Beckham (Manchester United)

Baca Juga: Prediksi Starting Line up Indonesia vs Bahrain, Ada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders?

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

ICAD 2024 Resmi Dibuka, Hadirkan Karya dari 75 Seniman & Desainer

BERIKUTNYA

Hasil dan Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Arctic Open, Begini Raihan Wakil Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: