Pertandingan sepak bola (Sumber foto: Pexels/Tembela Bohle)

Prediksi Starting Line up Indonesia vs Bahrain, Ada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders?

09 October 2024   |   12:26 WIB
Image
Muhammad Pasha Alfarezsa Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Timnas Indonesia akan kembali menjalani laga penting melawan Bahrain pada laga lanjutan Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Kamis, 10 Oktober 2024. Sebelumnya Indonesia berhasil meraih hasil positif di dua laga awal, dengan menahan imbang Australia dan Arab Saudi, meraih 2 poin serta menempati posisi ke-4 sementara. 

Jika dilihat secara statistik, Indonesia tidak terlalu jauh tertinggal ketika menghadapi Bahrain. Dari 7 kali pertemuan Indonesia berhasil membukukan 2 kemenangan, 2 kali seri dan 3 kali kekalahan. Pertemuan terakhir timnas Indonesia dan Bahrain terjadi pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2014 lalu, di mana Bahrain berhasil menekuk Indonesia dengan skor yang telak, 10-0.

Bahrain di lain sisi berada di posisi ketiga grup C, hanya berselisih 1 poin dari Indonesia. Bahrain berhasil mendapatkan 3 poin di laga pertama melawan Australia dengan skor 1-0 dan kalah dari tim unggulan Jepang dengan skor 0-5. Hasil ini seharusnya menjadi penyemangat tim Garuda mengingat raihan positif di dua laga awal. 

Baca juga: Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Bahrain, Peluang Rebut 3 Poin Pertama Garuda

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong diketahui sudah memanggil 27 pemain ke dalam skuad yang akan dia bawa untuk melawan Bahrain dan China. Ada hal menarik yang dapat disorot dari daftar pemain yaitu absennya striker Persis Solo yakni Ramadhan Sananta yang biasanya selalu dibawa oleh sang pelatih. 

Untuk menggantikan Sananta, tampaknya pelatih Shin Tae-yong lebih memilih untuk memanggil Malik Risaldi, striker dari klub Persebaya yang sudah mencetak 2 gol dari 4 pertandingannya di Liga 1. Malik Risaldi sebelumnya tidak dipanggil karena mengalami cedera. 

Shin Tae-yong juga memanggil pemain diaspora terbaru Indonesia yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Keduanya sudah mengambil sumpah WNI pada Senin (30/9/2024) di KBRI Belgia untuk mempersingkat waktu. Dengan kedatangan dua pemain tersebut timnas Indonesia diharapkan bisa memenangkan laga kontra Bahrain. 

Mees Hilgers adalah pemain dari FC Twente yang saat ini menduduki posisi 4 klasemen di Eredivisie atau Liga 1 Belanda. Kendati lahir di Belanda, Mees Hilgers dapat membela timnas Garuda berkat darah keturunan dari ibunya yang berasal dari Sulawesi Utara.

Di sisi lain, Eliano Reijnders adalah adik kandung dari Tijjani Reijnders yang dulu sempat diisukan akan menjadi pemain diaspora bagi timnas Indonesia, tapi isu itu ditepis setelah Tijjani menjalani debutnya bersama timnas senior Belanda beberapa waktu lalu. Sementara itu Exco PSSI, Arya Sinulingga mengatakan dua pemain ini adalah permintaan langsung pelatih timnas. 

Shin Tae-yong diprediksi akan menggunakan formasi andalannya yakni 3-4-3 untuk pertandingan melawan Bahrain. Pelatih asal Korea Selatan ini mempunyai rekor yang baik selama memakai formasi ini. 

Untuk penjaga gawang, Shin Tae-yong diprediksi tetap mempercayakan gawang timnas Indonesia di tangan Maarten Paes. Kiper berusia 26 tahun itu tampil apik di dua laga sebelumnya dengan hanya mencatatkan 1 kali kebobolan kala melawan Arab Saudi, serta melakukan penyelamatan penalti di laga melawan Arab Saudi.

Lini pertahanan Indonesia tampaknya akan terjadi perubahan sejak kedatangan Mees Hilgers. STY yang gemar memakai formasi 3 pemain bertahan diprediksi akan menurunkan Jay Idzes, Rizky Ridho serta Mees Hilgers. Diatas kertas Rizky dan Jay memiliki statistik yang sangat baik kala membela tim Garuda.

Untuk lini tengah, Indonesia memiliki banyak opsi yang tersedia seperti Calvin Verdonk, Thom Haye, Ivar Jenner sampai Marselino. Selain itu beberapa pemain posisi belakang Indonesia mampu untuk bermain di lini tengah seperti Arhan, Shayne dan Asnawi ini memberikan kemudahan untuk melakukan rotasi dalam tim.

Sementara itu di lini serang, Shin Tae-yong diprediksi akan menurunkan Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick dan juga pemain baru timnas Indonesia yakni Eliano Reijnders. Dengan komposisi seperti ini diharapkan Ragnar, Rafael dan Eliano dapat memaksimalkan setiap peluang yang ada. 
 

Starting Line up Indonesia (3-4-3)

Maarten Paes; Rizky Ridho, Jay Idzes, Mees Hilgers; Calvin Verdonk, Thom Haye, Ivar Jenner, Shayne Pattynama; Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen, Eliano Reijnders. 
 

Starting Line up Bahrain (4-3-3)

Ebrahim Lutfalla; Vincent Emmanuel, Sayed Baqer, Amine Benaddi, Abdulla Al Khulasi; Ali Madan, Ali Haram, Abbas Al- Asfoor; Mohamed Marhoon, Mahdi Abduljabbar, Kamil Al Aswad. 

Baca juga: Sempat Cedera, Begini Kondisi Penjaga Gawang Maarten Paes Menjelang Kontra Bahrain

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Apa Itu Sea Moss yang Rutin Dikonsumsi Kim Kardashian hingga Bella Hadid

BERIKUTNYA

Rekomendasi Drama Korea Genre Komedi Romantis, Ada Lovely Runner

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: