Outdoor Plunge Pool (Sumber Gambar: Unsplash/Suzanne Rushton)

Ide Desain Plunge Pool, Kolam Renang Mini di Lahan Terbatas

06 October 2024   |   10:35 WIB

Bagaimana ya rasanya punya kolam renang sendiri di rumah? Pasti menyenangkan bisa berendam dan bermain air bersama keluarga di kolam renang sendiri. Tapi lahan di rumah terbatas, apa masih mungkin untuk mempunyai kolam renang? 

Plunge pool adalah jenis kolam renang kecil yang memiliki ukuran lebih kompak dibandingkan dengan kolam renang konvensional. Mengutip dari Home Design and Garden, kedalaman rata-rata plunge pool adalah 1,2 hingga 1,8 meter dan panjang 2 hingga 4 meter.

Plunge pool atau kolam renang mini ini biasanya digunakan sebagai tempat berendam dan bersantai, bukan untuk berenang jarak jauh, jadi bisa ditempatkan di area yang terbatas seperti halaman belakang atau teras rumah. Plunge pool ini tidak hanya memberikan kenyamanan dan relaksasi, tetapi juga bisa menambahkan estetika rumah.

Baca juga: 5 Ide Taman Samping Rumah yang Bikin Hunian Kalian Terasa Asri & Nyaman


3 Ide Desain Plunge Pool di Rumah

Berikut adalah tiga ide desain plunge pool dengan tema berbeda yang bisa disesuaikan dengan gaya dan estetis di rumah Genhype.


1. Plunge Pool dengan Tema Tropis

Bagi Genhype yang ingin membawa nuansa tropis ke halaman rumah, plunge pool dengan tema tropis adalah pilihan yang tepat. Gunakan material alami seperti batu alam untuk dinding kolam, dan tambahkan tanaman hijau seperti palem atau pakis di sekeliling kolam untuk memberikan kesejukan dan meningkatkan suasana tropis. Konsep ini cocok untuk rumah dengan yang ingin lebih menyatu dengan alam.
 

2. Plunge Pool dengan Tema Modern

Untuk rumah dengan gaya kontemporer, plunge pool bergaya modern bisa memberikan sentuhan mewah pada area outdoor. Gunakan material seperti keramik untuk dinding kolam, dan tambahkan pencahayaan LED di dalam air untuk menciptakan suasana yang indah di malam hari.

3. Plunge Pool dengan Tema Rustic

Jika Genhype menyukai konsep natural dengan sedikit sentuhan rustic, plunge pool dengan material betol ekspos atau batu bata bisa memberikan kesan hangat dan sederhana. Kombinasikan juga dengan kursi rotan dan meja kayu kecil di area kolam untuk menciptakan suasana yang nyaman.
 

 

Kelebihan Memiliki Plunge Pool di Rumah

1. Menghemat Ruang
Kolam renang konvensional memerlukan lahan yang luas, sedangkan plunge pool dirancang untuk menyesuaikan ruang yang terbatas. Plunge pool bisa dibangun di sudut kecil halaman atau area yang tidak terpakai.


2. Biaya Lebih Terjangkau
Ukuran plunge pool yang kecil membuat biaya pembuatan dan perawatannya lebih rendah dibandingkan dengan kolam renang konvensional. Seperti biaya pengisian air, penggunaan listrik, hingga pemeliharaan rutin.


3. Estetika dan Nilai Tambah Rumah
Desain yang modern dan fleksibel dari plunge pool dapat meningkatkan daya tarik visual dari rumah. Penempatan yang mudah dan cenderung dapat dibangung dibagian manapun membuat plunge pool menjadi fungsional.

 

Tips Merawat Plunge Pool 

Agar plunge pool di rumah selalu nyaman digunakan, berikut tiga tips sederhana yang dapat dilakukan.
  • Bersihkan plunge pool secara rutin seitdaknya seminggu sekali.
  • Tambahkan filter dan klorin untuk menjaga kualitas air.
  • Pasang pelindung kolam saat tidak digunakan untuk menghindari kotoran masuk.

Ternyata memiliki kolam renang pribadi di rumah bukan lagi sekedar impian. Meskipun memiliki lahan terbatas, Genhype dapat membuat plunge pool untuk bermain air bersama keluarga atau sekedar berendam untuk melepas lelah setelah bekerja. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Anne Hathaway Konfirmasi Kembali Jadi Putri Genovia di The Princess Diaries 3

BERIKUTNYA

Promo Menarik Di Indonesia Aja Travel Fair 2024, Ada Diskon Tiket Kereta dan Taman Safari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: