Indonesia berhasil mengamankan tiket final Suhandinata Cup 2024 (Sumber gambar: Pexels/Eric Anada)

Indonesia Amankan Tiket Final Suhandinata Cup 2024, Siap Lawan China

05 October 2024   |   08:30 WIB
Image
Fasya Kalak Muhammad Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

BWF World Junior Championship 2024 atau yang sering disebut Suhandinata Cup beregu campuran akhirnya hampir memasuki babak puncak. Beberapa negara, termasuk Indonesia saling unjuk kebolehan demi memperebutkan gelar kejuaraan dunia pada sektor junior. 

Dilansir dari Instagram resmi badminton.ina, pada babak perempat final, Indonesia kembali mengungguli lawannya India, dengan skor akhir 110-92. Indonesia berhasil kembali melaju ke babak semifinal dan berhadapan dengan Jepang untuk memperebutkan satu tempat di partai final. 

Selain Indonesia, Jepang yang menjadi lawan Indonesia di babak semifinal, serta Malaysia dan China yang harus memperebutkan 1 tempat untuk melaju ke babak final, juga berhasil menaklukan lawannya. Keunggulan ini membuat keempat negara sudah dipastikan akan menerima medali pada ajang yang diadakan di Nanchang International Sports Center, Nanchang China. 

Baca juga: Indonesia ke Perempat Final Suhandinata Cup 2024, Tantang India

Sementara itu, pada babak semifinal yang diadakan Jumat (4/10/2024), menampilkan 2 ajang seru. China sudah terlebih dahulu dapat mengatasi tim Malaysia dengan skor kemenangan 110-76, dengan begitu Malaysia dinyatakan gagal melangkah ke babak final, dan mendapatkan tempat ketiga di turnamen ini. 

dDi sisi lain, pada laga yang mempertemukan Indonesia dengan Jepang, sempat menampilkan perlawanan yang sengit. Wakil ganda putra Jepang berhasil mendapatkan 17 poin.

Namun, posisi tersebut belum mencukupkan pasangan asal Negeri Sakura itu untuk membuat game point, dan game kelima baru bisa dihentikan saat wakil Indonesia Wahyu/Dexter mengambil poin ke 55 untuk Indonesia dari wakil jepang. 
 

Hasil akhir, penampilan Anselmus/Pulung membawa Indonesia semakin mantap untuk melangkah ke babak final, dan berjumpa dengan wakil tuan rumah, China. Meskipun hasil diakhiri dengan perlawanan yang cukup ketat dari tim Jepang, yaitu 110-105, Jepang lagi lagi terhenti, dan harus puas di posisi ketiga pada turnamen beregu campuran ini. 

Final BWF World Junior Championships 2023 juga menampilkan dua tim yang sama, dengan China keluar sebagai juara beregu campuran dan berhasil mengalahkan Indonesia 3-1. Turnamen tahun lalu menempatkan Malaysia dan China Taipei di posisi ketiga.

Pada tahun ini, tim Indonesia sudah tiga kali bertemu dengan China di babak Final. Tim Uber Indonesia berhasil menantang tim tuan rumah, China pada laga final Uber Cup 2024. Sayangnya Gregoria dan tim harus takluk dari tim China 3-0, dan menempati posisi kedua. 
 
Masih pada waktu yang sama, yaitu pada turnamen Thomas Cup 2024, di mana Jonatan Christie yang pada saat itu tampil apik dan berhasil mengalahkan Li Shi Feng, China. Namun di akhir laga, pasangan Fikri/Bagas harus kandas dari pasangan baru China, He/Ren. Hasil tersebut membawa Indonesia kembali harus menempati posisi kedua.

Pada babak final Suhandinata Cup 2024, tim Indonesia akan kembali berhadapan dengan tim tuan rumah. Pertandingannya digelar di Nanchang International Sports Center, Nanchang China. 10 wakil terbaik Indonesia akan memulai aksinya Sabtu (5/10/2024) pukul 14.00 WIB. Akankah Indonesia mampu menghadapi tuan rumah dan membawa pulang piala asal Indonesia itu ?
 

Hasil Pertandingan Sebelumnya Kedua Finalis

Aksi Tim Indonesia Sejak Babak Grup sampai Final
  • Indonesia vs China Macau (110 - 58) Grup F Match 1
  • Indonesia vs Mariana Utara (110 - 47) Grup F Match 2
  • Indonesia vs Sri Lanka (110 - 62) Grup F Match 3
  • Indonesia vs Polandia (110 - 63) Grup F Match 4
  • Indonesia vs India (110 - 92) Perempat Final
  • Indonesia vs Jepang (110 - 105) Semi Final

Aksi Tim China Sejak Babak Grup sampai Final 
  • China vs Ghana (110 - 45) Grup A Match 1
  • China vs China Hong Kong (110 - 59) Grup A Match 2
  • China vs Australia (110 - 46) Grup A MAtch 3
  • China vs Korea Selatan (110 - 69) Grup A Match 4
  • China vs Chinese Taipei (110 - 74) Perempat Final
  • China vs Malaysia (110 - 76) Semi Final

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Fakta-fakta Menarik First Look Film Wanita Ahli Neraka

BERIKUTNYA

Liburan Akhir Pekan ke Indonesia Modification Expo 2024, Ada Apa Saja?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: